Identitas visual kopi Robusta Lampung Barat

Abdi Darmawan(1), Ade Moussadecq(2*), Muhammad Redintan Justin(3)

(1) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(2) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(3) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Era digitalisasi saat sekarang ini menjadikan logo kombinasi atau logo gabungan huruf dan gambar sebagai “tren” dari identitas visual suatu brand. Tren ini karena dari kriteria suatu identitas visual, logo kombinasi memenuhi semua kriteria efektif suatu logo seperti kesederhanaan, keunikan dari segi visual, mudah diingat (memorable), adaptif atau serba guna dan tahan lama. Kondisi brand Kopi Robusta Lampung Barat yang belum memiliki logo tentu akan menyebabkan sulitnya persaingan dengan kompetitor. Hal ini karena logo merupakan wajah visual yang pertama sekali dikenali oleh target audience. Pemilihan logo berjenis kombinasi pada perancangan ini karena sifatnya yang sederhana serta mampu memvisualisasikan narasi yang dibangun oleh brand Kopi Robusta Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana tahapan yang dilakukan dimulai dari observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data verbal dan data visual. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode 5W+1H untuk memperoleh klasifikasi target audience, strategi kreatif dan konsep desain. Pada tahapan konsep desain metode kreatif yang digunakan yaitu morfologi. Metode kreatif ini merupakan merupakan pengelompokkan kata menjadi kategori dalam visualisasi sesuai gagasan yang diangkat. 


Keywords


Identitas Visual; Logo; Brand; Kopi Robusta

Full Text:

PDF

References


de Riandra, C. N., & Islam, M. A. (2021). Perancangan identitas visual catering & bakery Cherry. Jurnal Barik, 2(2), 43–56. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Djokja, F. (2021). Perancangan brand identity keripik wahyu Luwuk Banggai. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Makasar).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Gugat, T. D., & Amri, A. (2023). Analisis sayembara logo BNI life 24 tahun sebagai dasar putusan pemenang dengan metode skoring. Jurnal Desain, 10(2), 400-420. https://doi.org/10.30998/jd.v10i2.15987

Hananto, B. A. (2019). Perancangan logo dan identitas visual untuk kota Bogor. Titik Imaji, 2(1), 19–32. http://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/

Handes, H. (2019). Creative planning dan strategi pengembangan pesan komunikasi pemasaran. Al-Hikmah, 13(1), 1. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v13i1.1297

Hartanto, M., Banindro, B. S., & Yulianto, Y. H. (2020). Perancangan visual branding kue kering golden cookies di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 1-9.

Husodo, W. C. (2011). Proses produksi iklan indoor dan outdoor pada Rocky Advertising Surakarta. (Tugas Akhir Diploma, Universitas Sebelas Maret). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/19551/NDU5MzQ=/Proses-Produksi-Iklan-Indoor-dan-Outdoor-pada-Rocky-Advertising-Surakarta-waskito-condro-h.pdf

Kadafi, M. R., Moussadecq, A., & Justin, M. R. (2022). Perancangan e-tourism sebagai upaya promosi desa Jati Indah Lampung Selatan. Ikonik : Jurnal Seni Dan Desain, 4(1), 48. https://doi.org/10.51804/ijsd.v4i1.1603

Moussadecq, A., Darmawan, A., Justin, M. R., Rohiman, R., & Muryasari, D. (2022). Pelatihan visual branding dan corel draw bagi pelaku UMKM di kecamatan Gedong Tataan. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 4(02), 125–132. https://doi.org/10.30873/jppm.v4i02.3321

Moussadecq, A., Darmawan, A., & Pratama, Y. A. (2022). The design of visual identity and corporate identity Faraz Cashews in Padang. Imagionary, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.51353/jim.v1i1.673

Prastika, A. F., Nugraha, N. D., & Apsari, D. (2021). Perancangan identitas visual untuk startup Sedyain. E-Proceding of Art & Design, 8(6), 2773. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16791.

Pujiyanto, P., Hidajat, R., Aini, N., Anggriani, S. D., & Shaari, N. (2020). Kreativitas merancang logo batik melayu “Asimilasi Indolaysia” melalui penggabungan budaya dua negara. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 263–276. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3634

Rahmasari, A. F., Mulyana, A. R., & Isnaini, W. (2022). Perancangan brand identity Eve Edible Flower. 1–13. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/1149

Safitri, N. A., Sarjono, S., & Hermanto, Y. A. L. (2022). Perancangan visual identity sebagai upaya mengenalkan eksistensi bliss Yoga Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(3), 300–316. https://doi.org/10.17977/um064v2i32022p300-316

Safitri, S. N., & Aryanto, H. (2023). Perancangan corporate identity PT Agfinda Surabaya. Jurnal Desgrafia, 1(2), 100–112. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/55333

Said, A. A. (2019). Mendesign logo. Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain, 6(3), 159–168. http://dx.doi.org/10.26858/tanra.v6i3.13014

Sayatman, S., Soewito, B. M., & Noordyanto, N. (2021). Pengembangan konsep brand identity dan visual system ITS yang lebih terintegrasi. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 20(1), 10-15.

Suryanto, T. L. M., Wibowo, N. C., & Masnuna, M. (2021). Desain logo sebagai identitas visual aplikasi Jelajah Kampus Virtual (Jejakatua) UPN Veteran Jawa Timur. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 240–255. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.3838

Wahyudi, T., & Setiawan, K. (2017). Perbandingan metode kreatif: mind mapping, morfologi dan moodboard. VISUAL, 13(1). https://doi.org/10.24912/jurnal.v13i1.8017




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.21200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ade Moussadecq, Dika Tondo Widakdo, Muhammad Redintan Justin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics