Model penggunaan kombinasi warna pada desain kemasan makanan ringan terhadap minat konsumen

Rachmadita Dwi Pramesti(1*), Anggi Anggarini(2), Lovina Salma(3), Andiara Kirana Rizky Postha(4)

(1) Politeknik Negeri Jakarta
(2) Politeknik Negeri Jakarta
(3) Politeknik Negeri Jakarta
(4) Politeknik Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemasan dapat memberikan suatu persepsi karakter dan citra produk kepada konsumen yang dituju karena memiliki fungsi sebagai sarana promosi produk yang dikemas. Banyak keputusan pembelian yang dilakukan pembeli karena melihat kemasan dan informasi-informasi yang tertera di dalamnya sehingga menimbulkan daya tarik. Daya tarik kemasan terdiri dari daya tarik visual dan daya tarik fungsional. Elemen warna pada kemasan merupakan salah satu unsur yang menghasilkan daya tarik visual. Kombinasi warna pada desain yang memiliki kualitas warna yang lebih baik dengan mudah dapat menarik perhatian responden. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi persepsi warna dan model penggunaan kombinasi elemen visual warna pada desain kemasan makanan kategori asin, gurih, dan renyah sesuai dengan skema roda warna komplementer (dua warna) dan split komplementer (tiga warna) yang menarik bagi konsumen sehingga hasil penelitian dapat digunakan sebagai model penerapan kombinasi warna oleh desainer kemasan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan tahapan pengumpulan data berupa dokumentasi, survey atau angket, observasi, dan studi literatur, setelah itu dilakukan analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada skema warna komplementer, kombinasi ungu-kuning mendapat ketertarikan tertinggi, sementara pada skema warna split komplementer, kombinasi biru muda-kuning-merah oranye paling diminati oleh konsumen.


Keywords


elemen warna; skema warna; kemasan makanan; minat konsumen

Full Text:

PDF

References


Dewi, C. M., Hairiza, A., & Limbong, E. G. (2020). warna sebagai identitas merek pada kemasan makanan tradisional Kembang Goyang khas Betawi. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 2(01), 9–13. https://doi.org/10.30998/vh.v2i01.150

Erlyana, Y., & Nadya, N. (2018). Analisis desain kemasan mi instan edisi khusus Indomie tempo doeloe. Titik Imaji, 1(1).

Gautama, I. M. B., & Putri, D. R. (2019). Perancangan label kemasan aneka kue dan banner sebagai media promosi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.44

Hu, G., Pan, Z., Zhang, M., Chen, D., Yang, W., & Chen, J. (2014). An interactive method for generating harmonious color schemes. Color Research & Application, 39(1), 70–78. https://doi.org/10.1002/col.21762

Junaedi, D., & Blues Tanos, J. J. (2019). Komposisi warna split komplementer untuk penciptaan lukisan lanskap cat air. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 22(2), 95–106. https://doi.org/10.24821/ars.v22i2.2943

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

McAlpine, L. (2016). Why might you use narrative methodology? A story about narrative. Eesti Haridusteaduste Ajakiri. Estonian Journal of Education, 4(1), 32–57. https://doi.org/10.12697/eha.2016.4.1.02b

Meilani, M. (2013). Teori warna: Penerapan lingkaran warna dalam berbusana. Humaniora, 4(1), 326. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3443

Pramesti, R. D., & Susilawati. (2021). Analisis fitur dan elemen desain kemasan Bakpia Kenes terhadap persepsi konsumen. Wahana, 73(2), 74–87. https://doi.org/10.36456/wahana.v73i2.4731

Putro, W. R., Utomo, R. D. W., & Syarief, A. (2020). Analisis elemen visual pada desain kemasan produk jamu Houseblend Suwe Ora Jamu. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 2(2), 253–303. https://doi.org/10.25105/jsrr.v2i2.8238

Sartori, A., Culibrk, D., Yan, Y., & Sebe, N. (2015). Who’s afraid of itten: Using the art theory of color combination to analyze emotions in abstract paintings. Proceedings of the 23rd ACM International Conference on Multimedia, 311–320. https://doi.org/10.1145/2733373.2806250

Setiadi, S. N., Hagijanto, A. D., & Maer, B. D. A. (2016). Kajian visual pada kemasan kue Danish Monde. Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 1-9.

Swasty, W., Mustikawan, A., & Koesoemadinata, M. I. P. (2019). Kajian warna & ilustrasi primary display panel kemasan menggunakan metode kuesioner dan eye-tracking. Jurnal Manajemen Teknologi, 18(1), 38–53. https://doi.org/10.12695/jmt.2019.18.1.3

Wardanu, A. P., Martanto, M., & Uliyanti, U. (2018). Perbaikan desain kemasan stik Ale-ale dan Stik Kangkung produksi Kub Wida Mantolo di kecamatan Benua Kayong kabupaten Ketapang. Jurnal DIFUSI, 1(2). https://doi.org/10.35313/difusi.v1i2.1300

Yu, W., Zhang, H., He, X., Chen, X., Xiong, L., & Qin, Z. (2018). Aesthetic-based clothing recommendation. Proceedings of the 2018 World Wide Web Conference on World Wide Web - WWW ’18, 649–658. https://doi.org/10.1145/3178876.3186146




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.21050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rachmadita Dwi Pramesti, Anggi Anggarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics