Media promosi produk Mochipaw pada media sosial dalam bentuk video iklan

Ajeng Mubdi Pratiwi(1), Maya Purnama Sari(2), Ayung Candra Padmasari(3*)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Video dapat digunakan sebagai media promosi, salah satu contoh promosi yang dapat dilakukan dengan menggunakan video yaitu melalui media sosial. Seiring berjalannya waktu semua sektor termasuk ekonomi mulai menggunakan media sosial untuk melakukan iklan, penting untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melakukan digitalisasi yang optimal agar dapat terus bersaing dengan kompetitor. Saat ini Mochipaw merupakan satu dari 14 produk UMKM di Sukabumi yang masih belum melakukan digitalisasi dengan optimal dan penjualan masih dilakukan dengan cara konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu merancang video iklan untuk produk Mochipaw sebagai media promosi di media sosial berupa Youtube agar produk Mochipaw lebih dikenal oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah practice led research dengan lima tahapan yang diantaranya yaitu tahap persiapan, tahap mengimajinasi, tahap pengembangan imajinasi, tahap pengerjaan dan hasil dengan distrIbusi serta apresiasi. Hasil dari penelitian ini berupa video iklan produk Mochipaw dengan durasi 38 detik yang di distribusikan melalui media sosial yaitu Youtube pada tanggal 20 Juli 2023. Video iklan ini sudah di apresiasi oleh masyarakat melalui laman Youtube hingga tanggal 24 Agustus 2023 dengan jumlah penonton sebanyak 378, disukai 130 dan komentar sebanyak 66. Kesimpulannya video iklan pada penelitian ini mendapat respons positif dari masyarakat berdasarkan komentar serta jumlah disukai pada media sosial berupa Youtube.

Keywords


Video Iklan; UMKM; Media sosial; Mochipaw

Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2023). Pengguna Media Sosial Global Paling Sering Habiskan Waktu di TikTok Ketimbang Facebook. Databoks. Retrieved September, 17, 2023. [Online]. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/13/pengguna-media-sosial-global-paling-sering-habiskan-waktu-di-tiktok-ketimbang-facebook

Arfiyansyah, S. (2022). Kisah hujan uang dan pentingnya inklusi keuangan bagi UMKM. Treasury Indonesia: Ekosistem Fiskal Untuk Kebangkitan UMKM, 2(36).

Basnet, S. D., & Auliya, A. (2022). Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Dalam Penyelengaraan Event Inacraft 2022. Journal of Tourism and Economic, 5(1), 18-31.

Febriana, R. (2019). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: P.T. Bumi Aksara

Hendriyana, H., & Ds, M. (2022). Metodologi Penelitian Penciptaan Karya Practice-Led Research and Practice-Based Research Seni Rupa, Kriya, Dan Desain–edisi Revisi. Penerbit Andi.

Lidwina, A. (2021, Februari 17). 94% orang indonesia akses youtube dalam satu bulan terakhir. [Online]. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir

Murwanti, A. (2017). Pendekatan practice-led research. membangun tradisi inovasi melalui riset berbasis praktik seni dan desain. [Online]. Diakses dari https://www.neliti.com/id/publications/196054/pendekatan-practice-led-research-sebuah-upaya-fundamental-untuk-mengatasi-ketimp#cite

Nidhom, A. M., Firmansayah, F. H., Smaragdina, A. A., dan Hakiki, M. A. (2022). Pengembangan cup sealer temulawak terintegrasi augmented reality untuk meningkatkan efektifitas pengemasan minuman. Tekno: Jurnal Teknologi, Elektro, Dan Kejuruan, 32(2)298 305).

Palupiningtyas, Z. F. (2013). Preferensi audiens terhadap elemen-elemen iklan TVC produk teh PUCUK HARUM 2013. Commonline Departemen Komunikasi, 3(3), 675.

Rostika, D., Permana, F. C., & Firmandyah, F. H. (2021). Pelatihan Technopreneurship melalui Social Commerce dan Branded Content Management bagi Mahasiswa Pendidikan Multimedia. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 445–452.

Salam, A. (2023). Metode penelitian kualitatif. Sumatera Barat: C.V. Azka Pustaka

Sari, M. P., Rinjani, D., & Hidayah, N. Rancang bangun video cerita rakyat nusantara “lok sinaga”. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(2), 79-88.

Sari, M. P., Undiana, N. N., Puspitasari, F., Rinjani, D., Nurhidayatulloh, N., Juhana, A., & Istiqomah, D. (2023). Training Advertising Video for Multimedia Teachers in Improving the Quality of Skills Competency Tests. REKA ELKOMIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 174-182.

Shobariyah, S., Permana, F. C., & Sari, I. P. (2022). Rancang bangun aplikasi android “Kasanima” sebagai media pembelajaran teknik animasi 2 dimensi kelas XI Multimedia SMK Pasundan 3 Bandung. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 4(2), 109-121.

Sulistiyo, T. D., & Fitriana, R. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang. Jurnal Ekbis, 21(2), 189-203.

Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Zhou, Y., Ahmad, Z., Alsuhabi, H., Yusuf, M., Alkhairy, I., & Sharawy, A. M. (2021). Impact of YouTube Advertising on Sales with Regression Analysis and Statistical Modeling: Usefulness of Online Media in Business. Computational Intelligence and Neuroscience, 2021. 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.20082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ajeng Mubdi Pratiwi, Maya Purnama Sari, Ayung Candra Padmasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics