Studi Komparasi Desain Kemasan Lama Vitacimin dengan Desain Kemasan Terbaru Versi Tahun 2016 Varian Fresh Lemon
(1) Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Desain kemasan saat ini tidak hanya berfungsi untuk melindungi sebuah produk tertentu, tetapi lebih dari itu. Desain kemasan menjadi bagian terpenting bagi sebuah produk atau perusahaan sebagai sarana media promosi dan informasi. Hal ini dikarenakan desain kemasan menjadi bagian utama yang dapat terlihat langsung oleh calon konsumen di pasaran, yakni produk itu sendiri. Vitacimin varian Fresh Lemon merupakan produk Vitacimin yang paling sering dijumpai di pasaran. Vitacimin melakukan penyegaran desain kemasan, yakni dengan me-redesain kemasan pada tahun 2016. Dimana pada kemasan lama hanya berisi logo dan sedikin infromasi dalam bentuk teks, sedangkan pada kemasan terbaru versi tahun 2016 terdapat informasi yang lebih lengkap seperti jenis vitamin dan varian rasa, beserta gambar buah Lemon. Peneliti melakukan kajian antara desain kemasan lama dan terbaru versi tahun 2016 dengan pendekatan studi komparatif. Dimana pada studi komparatif ini bertujuan untuk mendapatkan persamaan dan perbedaan mengenai desain kemasan Vitacimin lama dengan desain kemasan Vitacimin yang terbaru versi tahun 2016 pada varian rasa Fresh Lemon. Dari hasil analisis persamaan dan perbedaan tersebut peneliti menemukan perubahan konsep yang dilakukan oleh desain kemasan Vitacimin, dimana pada desain kemasan versi terbaru tahun 2016 varian Fresh Lemon memiliki desain yang lebih estetik dan informatif untuk mempermudah konsumen dalam mengindetifikasi produk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Erlyana, Y., & Ressiani, R. (2020). Perancangan Buku Desain Kemasan” Basic Of Packaging”. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 160-172..
Juliasari, D., & Liyundira, F. S. (2022, November). Desain Kemasan Produk sebagai Media Perluasan Pemasaran. In Progress Conference (Vol. 5, No. 2, pp. 206-211).
Meilani, M. (2013). Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana. Humaniora, 4(1), 326-338.
Mulyana, I., Kom, M., Putra, A. P., Kom, M., Suriansyah, M. I., & Kom, M. (2019). Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia (Vol. 1). Flash.
Nafisah, D. (2020). Studi Komparasi Hasil Belajar Praktik Membaca Alquran Antara Peserta Didik yang Mengikuti TPQ dan Tidak Mengikuti TPQ Kelas VI SDN Pleburan 01 Semangat. Skripsi : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. https://123dok.com/document/zkw9ldde
Pratiwi, A. (2022). Kewirausahaan UMKM (Metode dan Implementasi Pemasaran UMKM). Solo: Percetakan Kurnia.
Prawiro, C. E., Setyawan, M. Y. H., & Pane, S. F. (2020). Studi Komparasi Metode Entropy dan Metode ROC Sebagai Penentu Bobot Kriteria SPK. CV. Kreatif Industri Nusantara.
Putra, R. W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Penerbit Andi.
Rahardjo, S. T. (2019). Desain Grafis Kemasan UMKM. Deepublish.
Sari, N. L. D. I. D. (2013). Elemen visual kemasan sebagai strategi komunikasi produk. Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(1).
Saryanto, S. P. T. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan Teknik Kendaraan Ringan SMK/MAK Kelas XI. Gramedia Widiasarana indonesia.
Sekarlaranti, A., & Junaedi, S. (2013). Persepsi konsumen terhadap warna, tipografi, bentuk grafis dan gambar pada kemasan produk dengan pendekatan multidimensional scaling. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 6(1), 4.
Sudjana, S. (2020). Desain Kemasan Produk (Analisis Perbandingan: Efektivitas Pelindungan Desain Industri atau Merek). Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 4(1), 117-126.
Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i2.17907
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lyscha Novitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.