Iklan Layanan Masyarakat Terkait Pentingnya Investasi Digital

Asrullah Ahmad(1*), Aldo Susanto(2), Erwin Candrawira(3)

(1) Universitas Bunda Mulia
(2) Universitas Bunda Mulia
(3) Universitas Bunda Mulia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan banyak orang mengalami krisis ekonomi seperti mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), usaha mengalami kebangkrutan dan juga masih banyak sifat konsumtif yang berlebih terjadi pada generasi millennial dan masih ada masyarakat yang belum mengerti dan paham mengenai investasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya investasi digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini menggunakan studi kasus, wawancara dengan ahli di bidang investasi digital dan juga menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih adanya kurang literasi mengenai investasi di masyarakat dan kurangnya media seperti iklan layanan masyarakat yang membahas pentingnya investasi digital, sehingga dibuatlah iklan layanan masyarakat untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya investasi digital. Media seperti iklan layanan masyarakat ini nantinya akan menyampaikan isi dan pesan terkait pentingnya investasi digital dan menggunakan pendekatan film pendek bergenre drama yang sesuai dengan kehidupan sekitar agar masyarakat lebih memahami isi dan informasi yang ingin kita sampaikan.


Keywords


Investasi digital; Iklan layanan masyarakat; Informasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aisyah, Siti, Yusmar Ali, Andriasan Sudarso, Rina Sovianti, Febrianty, Asima Oktavia Sitanggang, Muhammad Ali Mursid Alfathoni, Hendra Hendra, dan Yesy Diah Rosita. 2021. Dasar-Dasar Periklanan. Yayasan Kita Menulis.

Bank Indonesia. 2020. Survei Konsumen (SK). Bank Indonesia, 3(Grafik 1), 1–16.

Cashbac.com. 2021. Pola Hidup Konsumtif, Dampak dan Cara Menghindarinya. https://cashbac.com/blog/pola-hidup-konsumtif-dampak-cara-menghindarinya/

Cekaja.com. 2019. 4 Alasan Kenapa Banyak Orang Belum Investasi, Apa Aja?. https://www.cekaja.com/info/4-alasan-kenapa-banyak-orang-belum-investasi-apa-aja

Wahidmurni. 2017. Pemaparan metode penelitian kualitatif. Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Semester Ganjil 2017/2018. (Unpublished). http://repository.uin-malang.ac.id/1984/

Eka, Chandra, Nuke Puji Lestari Santoso, Sindy Amelia, dan Viola Tashya Devana. 2021. “Pelatihan Software Editing Bagi Mahasiswa Pada Universitas Raharja”. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2):60-65. https://doi.org/10.34306/adimas.v1i2.442.

Saputra, Yuzi. 2020. "Proses Editing Audio & Video Program Acara Pesona Indonesia di LPP TVRI Riau." Skripsi Sarjana. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rakhmawati, Irma, dan Umi Khabibah. 2020. "Pembuatan Video Product Profile Menggunakan Adobe Premiere Pro CC Sebagai Media Promosi Pada Perky Headwear Malang." Jurnal Aplikasi Bisnis 5 (2): 370-373. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/345

Kartinawati, Erwin, dan Andrik Purwasito. "Pemanfaatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Guna Meningkatkan Hasil Penghimpunan Dana Organisasi Nirlaba Lembaga Amil Zakat (LAZ) Solo Peduli-Surakarta." Jurnal Khatulistiwa Informatika 3(1): 1-11. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.5566

Nisa, Naima Khoiru. "Strategi kreatif iklan layanan masyarakat (ILM) dalam pemasaran sosial." Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 4 (2): 158-164. https://doi.org/10.14710/interaksi.4.2.158-164

Monica, Monica, dan Laura Christina Luzar. "Efek warna dalam dunia desain dan periklanan." Humaniora 2(2): 1084-1096. https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3158

Maaruf, E. 2021. Angka Kemiskinan di Indonesia Naik Akibat Pandemi Covid-19. Nasional.Sindonews.Com. https://nasional.sindonews.com/read/500774/15/angka-kemiskinan-di-indonesia-naik-akibat-pandemi-covid-19-1627999725

Ramadhani, Nurul Indah. 2021. "Pengaruh Pengetahuan, Manfaat, dan Risiko Investasi terhadap Minat Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara." Skripsi Sarjana., Universitas Sumatera Utara.

Shimp, T. 2003. Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Erlangga.

Subandi, Fendi Pradipta Aldila. 2019. "Penggunaan editing Kompilasi Dalam Program Magazine" Camshaft" episode" MotorGede" untuk meningkatkan Detail Informasi." Skripsi Sarjana. ISI Yogyakarta.

Ulum, Sirojul, Endang Supriyati, and Tri Listyorini. 2021. "Iklan Layanan Masyarakat Bertahan Menghadapi Pandemi Covid-19." Jurnal Dialektika Informatika (Detika) 1 (2): 32-37. https://doi.org/10.24176/detika.v1i2.5845

Ulya, F. N. 2019. Benarkah Investasi Lebih Baik dari Menabung?




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i3.14704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asrullah Ahmad, Aldo Susanto, Erwin Candrawira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics