Perancangan Web Advertisement sebagai Media Promosi Guru Bahasa Indonesia Miftah

Machadz Abdul Adli Akhlishon(1*), Anung Rachman(2)

(1) Institut Seni Indonesia Surakarta
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Iklan merupakan salah satu cara untuk mempromosikan sebuah jasa atau produk kepada konsumen untuk meningkatkan pendapatan. Berbagai media periklanan telah berkembang seiring kemajuan teknologi informasi dari media tradisional seperti koran, pamflet, brosur, dan poster hingga media modern seperti platform media sosial. Seiring era globalisasi dan bertambahnya warga negara asing yang bekerja di Indonesia membuat pengguna jasa kursus bahasa Indonesia mengalami peningkatan. Guru Bahasa Indonesia Miftah merupakan usaha yang bergerak dibidang pendidikan kursus privat bahasa Indonesia yang berdiri sejak tahun 2018 dan berdomisili di Jakarta Timur, Indonesia. Yang memi Perancangan ini bertujuan untuk merancang iklan web bergerak dan parallax dengan menggunakan perangkat lunak Google Web Designer. Rancang bangun iklan web ini menggunakan metode waterfall yang memiliki lima tahapan, yang terdiri dari analisis, konsep dan desain, implementasi, pengujian, dan pengembangan. Perancangan ini menghasilkan empat konsep desain iklan, diantaranya satu gambar iklan, dua iklan bergerak atau animasi, dan terakhir iklan gerak model parallax. Konsep iklan dapat di preview dengan mengklik link yang tersedia.

Keywords


iklan web; rancang bangun iklan; kursus

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ma’ruf. 2016. “Manajemen Komunikasi Periklanan." Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Bagaskara, Zulfiqar Bima. 2019. “Perancangan Video Promosi Cat Aksritex Menggunakan Media YouTube”. JIKDISKOMVIS : Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual 4 (2): 1–10.

Choirunnisa, Anies. 2020. “Perancangan Corporate Identity Sebagai Media Promosi Koperasi Nusa Sejahtera.” IKONIK : Jurnal Seni Dan Desain 2 (1): 27–34. https://doi.org/10.51804/ijsd.v2i1.609.

Dewojati, R. Kuncoro Wulan. 2015. “Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan.” IMAJI : Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni 7 (2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6633.

Erlistia, Elsya. 2019. “Perancangan Desain Web Dan Instagram Undangan Pernikahan ‘Anytime Wedding Invitation.’” Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain 21 (1): 46–65. https://doi.org/10.24821/ars.v21i1.2869.

Girsang, Lasmery RM (Universitas Bunda Mulia). 2017. “Pengukuran Efektivitas Iklan (Studi Komparasi: Iklan Media Cetak Dan Iklan Media Online).” Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media 1 (2): 68–86.

Kusuma, Mahardika Rachman. 2017. “Perancangan Media Promosi Bagi CV. Surya Sari Teknik.”

Kusumarini, Arofah. 2020. “Perancangan Desain Media Promosi Cherie Souvenir Untuk Meningkatkan Pemasaran.” Seni Rupa 7 (3).

Lukitaningsih, Ambar. 2013. “Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 13 (2): 116–29.

Makarim, Edmon. 2014. “Kerangka Kebijakan Dan Reformasi Hukum Untuk Kelancaran Perdagangan Secara Elektronik (E-Commerce) Di Indonesia.” Jurnal Hukum & Pembangunan 44 (3): 314. https://doi.org/10.21143/jhp.vol44.no3.25.

Narita, Triani, and Ama Suyanto. 2019. “Analisa Efektivitas Iklan Web Series Dengan Menggunakan Epic Model.” Jurnal Mitra Manajemen 3 (1): 84–95. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i1.183.

Satria, F, and F Fadillah. 2021. “Konsep City Branding Dan Identifikasi Nilai Lokal Pada Kota-Kota Indonesia Dalam Mendukung Nation Branding Indonesia.” Jurnal Desain 8 (2): 147–58. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i2.8118.

Setiawan, Rudy, and Jazimatul Husna. 2017. “Perancangan Media Promosi Dalam Bentuk Poster Dan Brosur Perpustakaan Sekolah: Kaji Tindak Perpustakaan SMP Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6 (1): 341–50.

Shiratina, Aldina, Deru R Indika, Imas Komariyah, Dewi Kania, and Eka Hendriani Solihin. 2020. “Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital.” Jurnal Sain Manajemen 2 (1): 15–23.

Tyas, Alvita, and Dwi Aryani. 2017. “Efektivitas Iklan Digital Google Adsense.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 20 (1): 19–28.

Valentino, Dion Eko, and Yudiansyah. 2020. “Perancangan Desain Grafis Sebagai Media Promosi Pada Novena Hotel Bandung.” Tematik - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi 7 (2): 211–29. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.486.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v9i2.10136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Machadz Abdul Adli Akhlishon, Anung Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics