Analisis Overall Equipment Effectiveness (OEE) Dalam Meminimalisasi Six Big Losses Pada Mesin Bubut (Studi Kasus di Pabrik Parts PT XYZ)

Deny Wibisono(1*)

(1) Program Studi Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam suatu kegiatan produksi adanya losses dapat mengurangi efektifitas penggunaan peralatan. Untuk mengetahui dan meminimumkan losses yang terjadi, diperlukan adanya evaluasi kinerja dari peralatan produksi. Mesin bubut merupakan salah satu peralatan produksi di perusahaan manufaktur parts yang akan dievaluasi efektifitasnya. Pengukuran efektifitas mesin bubut dapat dilakukan dengan menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness. Dalam perhitungan, OEE mengukur efektifitas dengan menggunakan tiga sudut pandang untuk mengidentifikasi six big losses (enam kerugian), yaitu availability, performance dan quality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat efektifitas mesin bubut selama masa penelitian adalah sebesar 77,28%, dengan rata-rata nilai availability 88,82%, performance 91,31% dan quality 95,45%. Sedangkan, losses yang signifikan mempengaruhi nilai efektifitas adalah equipment Failure atau Breakdown 58,7%, idling and minor stoppages 39,8% dan reduced speed 43,3%.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. Margaretha, A. Rahman dan M. Choiri. (2012), Analisis Overall Equipment Effectiveness Pada Rotary Printing Machine Guna Meminimalisir Six Big Losses, Skripsi Sarjana tidak dipublikasikan, Jurusan Teknik Industri, Universitas Brawijaya, Malang.

Blanchard, S. Benjamin. (1997), An Enhanced Approach for Implementing Total Productive Maintenance in The Manufacturing Environment, Journal of Quality in Maintenance Engineering, Vol 3.

Hansen, R. C. (2001), Overall Equipment Effectiveness: A Powerful Production atau Maintenance Tool for In Creased Profit, 1ST Edition, Industrial Press Inc, New York.

Moubray, John. (1992), Reliability Centered Maintenance, Second Edition, Industrial Press Inc.

Nakajima, Seiichi. (1988). Introduction to Total Productive Maintenance, 1ST Edition, Productivity Inc, Cambridge.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v3i1.6130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.