Optimasi Persediaan Kabel Cu Menggunakan Metode Part Period Balancing Dan Algorithm Wagner-Within

Diana Safitri Sri Kusuma(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk dapat mengidentifikasi persediaan bahan baku yang dilakukan berdasarkan penerapan MRP, yaitu dengan menggunakan metode Algorithm wagner-within dan part period balancing. Permasalahan yang terjadi pada PT XYZ mengenai berlebihnya persediaan bahan baku yang tidak disesuaikan dengan permintaan produk tembaga, dan pemesanan lot yang tidak dijadwalkan secara baik oleh PT XYZ. Penerapan MRP dibuat untuk menentukan ukuran pemesanan (lot) berdasarkan AWW dan PBB, dengan begitu dapat mengetahui pemesanan yang sesuai tanpa harus terjadi penumpukan bahan baku maupun berkurangnya bahan baku, maka dari itu perhitungan selanjutnya menggunakan algorithm wagner within dan part period balancing yang sesuai diterapkan pada PT XYZ. Pada penelitian ini menggunakan metode algoritma menghasilkan biaya persediaan sebesar Rp. 18,313,034 yang paling rendah dibanding dan metode part period balancing sebesar Rp. 26,966,677. Maka dari itu, sebaiknya perusahaan menggunakan metode Algorithm wagner-within terbilang cukup lebih optimal biaya yang akan dikeluarkan, dengan selisih Rp 8,653,642,-. untuk meminimalkan biaya simpan dan pemesanaan bahan baku dan persediaan bahan baku tembaga, stell tape, dan stell ware.

Kata kunci : Persediaan, algorithm wagner-within, part period balancing

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


K. R. Karongkong, V. Ilat, dan V. Z. Tirayoh, (2018). Penerapan Akutansi Persediaan Barang Dagang Pada Ud. Muda-Mudi Tolitoli. 13(2) hlm. 46–56.

V. Z. Tirayoh, (2018). Penerapan Akutansi Persediaan Barang Dagang pada Ud. Muda-mudi. 13 (2) hlm. 46-56

H. Tarore, Dkk. (2013). Manajemen Pengadaan Material Bangunan Dengan Menggunakan Metode MRP (Material Requirement Planning) Studi Kasus : Revitalisasi Gedung Kantor Bps Propinsi Sulawesi UtarA. Jurnal Sipil Statik, 1(6) hlm. 421–429.

N. Taryana, (2008). Baku Pada Produk Sepatu Dengan Pendekatan Teknik Lot Sizing Dalam Mendukung Sistem Mrp ( Studi Kasus di PT . Sepatu Mas Idaman , Bogor ).

A. D. Eunike, (2018). Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan (Pertama). Malang: UB Press.

A. H. Nasution, (2006). Manajemen Industri. Yogyakarta: CV Andi Offset.

A. H. Nasution, (2003). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Surabaya: Guna Widya.

S. Thesman, (2013). Aplikasi Algoritma Wagner-Within pada Sedian Kaos Oblong warna Gelap Ukuran M di Ud. Anugrah Surabaya. chalyptra: Jurnal Ilmiah mahasiswa Universitas surabaya, 1 (6) hlm, 1-9.

H. Kusuma, (2004). Manajemen Produksi (Perencanaan dan Pengendalian Produksi). Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

A. Ristono, (2009). Manajemen Persediaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v2i2.4423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.