Perancangan Lean Manufacturing Dengan Metode Value Stream Mapping (VSM) Di PT Tjokro Bersaudara (PRIOK)

Herdi Rusmawan(1*)

(1) Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


PT Tjokro Bersaudara (Priok) merupakan perusahaan jasa engineering dengan memproduksi fabrikasi part mesin lainnya diantaranya spare part pengolah limbah.Permasalahan yang terjadi saat ini, Perusahaan masih belum optimal untuk memenuhi permintaaan dari  pelanggan setiap bulannya, karena sistemproduksi yang masih tidak sesuai dengan prosedur perusahaan.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meminimalkan waste dengan menggunakan metode Value Stream Mappping (VSM),dengan menggunakan pembobotan Waste Relationship Matri (WRM)dan Waste Assesment Questionare (WAQ).Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan hasil WRM sebesar 16,66%. Pembobotan WAQ sebesar motion 25,28%, inventory 17,25%, Setelah diterapkanlean manufacturing terdapat penurunan waktu pada proses pembubutan selama 3.848 s/pcs. Dan perbaikan setelah penerapan lean manufacturing, yaitu proses pengelasan dilakukan di perusahaan lain, selain itu penjadwalan pengelasan pahat bubut agar tidak menganggu waktu produksi, memperbaiki rak kerja untuk memudahkan operator untuk mencari alat kerja , dan dilakukan pengawasan lebih pada setiap operator agar tidak melakukan banyak pergerakan  saat proses peroduksi berlangsung. ada proses pengelasan sebesar 1516 s/pcs.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


S. Assuari, Operational Strategic Lean Operation Strategic. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2014.

D. M. Utama, S. K. Dewi, dan V. I. Mawarti, Identifikasi waste pada proses produksi key set clarinet dengan pendekatan lean manufacturing. Jurnal : ilmiah teknik industri. 15(1). hlm 36-46. 2016.

N. M. Nasution, Management Mutu Terpadu (Total Quality Management), Bogor: Ghalia Indonesia. 2015.

M. R. F. Rochman, S. Sugiono, R. Y. Efranto, Penerapan lean manufacturing menggunakan wrm, waq, dan valsat untuk mengurangi waste pada proses finishing. Jurnal: ilmiah teknik industri. 2(1). 2013.

R. A. Saputra, M. L. Singgih, Perbaikan Proses Produksi Blender Menggunakan Pendekatan Lean Manufacturing di PT. Pmt, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XV. 2012.

V. Gasperz, Lean Six Sigma for manufacturing and service industries. Bogor : Vinchhristo Publication. 2017.

C. H. Wahyuni, dkk., Pengendalian kualitas Aplikasi pada industri jasa dan manufaktur dengan lean, six sigma, dan servqual. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v2i1.4128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.