Analisis Dan Usulan Perbaikan Kualitas Layanan Dengan Menggunakan Matriks Importance Performance Analysis (Studi Kasus : Sekolah XYZ)

Deny Wibisono(1*)

(1) Teknik Industri - Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak manajemen sekolah dalam melakukan evaluasi kualitas pelayanan. Perbaikan dilakukan melalui peningkatkan atribut pelayanan yang lemah, dengan mengintegrasikan dua metode yaitu Service Quality (Servqual), Matriks Importance Performance Analysis (Matriks IPA). Servqual mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kualitas pelayanan,  Matriks IPA bertujuan untuk mengukur hubungan antara persepsi konsumen dan prioritas peningkatan kualitas produk/jasa yang diterjemahkan melalui kuadran analisis, keseluruhan hasil pengintegrasian ketiga metode tersebut menekankan pada pencarian secara konsisten terhadap perbaikan yang berkelanjutan untuk mencapai kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Handoko, H., Matondang, A. R., & Ishak, A. Analisis persepsi jasa pelayanan pendidikan dengan menggunakan model kano dan IPA pada perguruan XYZ. Jurnal Teknik Industri USU, 2(1). 2013

Noer, L. R. Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Mahasiswa Magister Manajemen Teknologi ITS Surabaya Dengan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Journal of Research and Technology, 2(1), 35-43. 2016

Sallis, E. Total Quality Management in Education. IRCiSod – Yogyakarta. 2012

Tjiptono, F., & Chandra, G. Service, Quality dan Satisfaction : Edisi 4. Andi, Yogyakarta. 2016

Wijaya, Tony. Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano Disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. Jakarta: PT Indeks. 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v1i2.4099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.