Manajemen Pergudangan Dan Penataan Gudang Sparepart Alat Ukur Filtrasi Oil dan Gas Di PT Sinergining Adhi Selaras Menggunakan Metode 5S dan ABC

Gilang Ade Putra(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


PT Sinergining Adhi Selaras merupakan perusahaan distributor yang mendukung perlengkapan alat laboratorium perminyakan oil dan gas perusahaan ini memiliki permasalahan dalam pada bagian gudang yang terutama terjadinya overstock maupun kehabisan stock yang disebabkan ketidak adanya prosedur dalam melakukan pengecekan barang dan kerapihan di dalam gudang. Permasalahan tersebut terkait juga dengan penataan tata letak gudang yang masi belum optimal. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas tentang perbaikan manajemen gudang dan penataan sparepart. Untuk masalah manajemen penataan sparepart akan di gunakan pengelompokan barang sesuai frekuensi pergerakan barang dengan menggunakan metode ABC agar staf gudang dengan mudah menemukan sparepart yang dibutuhkan dengan waktu yang singkat. Sedangkan untuk masalah kerapihan gudang akan digunakan pendekatan standar 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) yang akan memberikan standar dari kedisiplinan pegawai gudang dan sistem penerimaan barang maupun permintaan barang. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan pelayanan dalam melakukan permintaan barang dengan baik memberikan kenyamanan terhadap staff gudang memberikan standar dalam melakukan penerimaan barang agar tidak terjadinya selisih antara data fisik dan data didalam sistem.

Kata kunci : Tata letak gudang, Sparepart, Metode 5S


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. Ristono, Manajemen Persediaan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2009.

M. B. Alexandri, Manajemen Keuangan Bisnis:Teori dan Soal. Bandung: Alfabeta. 2009.

B. S. Fauziah, G. Abdillah, F. Renaldi, Perancangan Dan Implementasi Warehouse Managemant Sistem Pada PT. Feedmill Indonesia. Prosiding SNST ke-8, 2017.

V. Gaspersz, Total Quality Management (TQM). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2010.

J. Heizer, dan B. Render, Manajemen Operasi Buku 1 Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat. 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v2i1.4097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.