Optimasi Proses Pemesanan Spare Part Dengan Menggunakan Metode Value Stream Mapping

Dedi Eko Prasetyo(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Meningkatkan kepuasan pelanggan adalah tujuan bagi pelaku usaha dalam bidang jasa. Untuk meningkatkan pelayanan, dibutuhkan proses pelayanan yang tepat dan cepat dan mengurangi waktu tunggu. Lean adalah metode yang dapat meminimalkan pemborosan atau waste pada proses produksi atau proses pelayanan. Dalam penelitian ini menggunakan metode value stream mapping untuk mengoptimalkan waktu proses pemesanan spare part di PT. Prima Wahana Automobil. Optimasi proses pelayanan dilakukan dengan minimasi waste dengan tools VALSAT yaitu Process Activity Mapping. Penelitian ini menghasilkan value ratio sebesar 66,1%. Value ratio merupakan perbandingan antara aktivitas yang memiliki nilai tambah dengan keseluruhan aktivitas. Sedangan persentase kegiatan yang tidak memilki nilai tambah sebesar 33,1%. Dan kegiatan yang tidak memiliki nilai tapi dibutuhkan sebesar 0,8 %. Usulan perbaikan dilakukan dengan mengurangi aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


C. Alexander, C. Wilson, & D. Foley, (2014). 1 , 1 , 2. 33(3), 448–450.

F. Alpasa, & L. Fitria, (2014). Penerapan Konsep Lean Service Dan DMAIC Untuk Mengurangi Waktu Tunggu Pelayanan. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 02(03), 10.

U. Amrina, (2018). Modul Praktikum Perancangan Lean Manufacturing. Tangerang: Pustaka Mandiri.

S. Assauri, (2016). Manajemen Operasi Produksi Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

S. Assauri, (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

S. E. Buffa, (1993). Manajemen Produksi/ Operasi. Jakarta: Erlangga.

Daonil, (2012). Implementasi Lean Manufacturing Untuk Eliminasi Waste pada Lini Produksi Machining Chast Wheel Dengan Menggunakan Metode WAM dan VALSAT. (Tesis). Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri, Universitas Indonesia, Depok.

Y. C. Fernando, (2014). Optimasi Lini Produksi Dengan Value Stream Mapping Dan Value Stream Analysis Tools. 125–133.

R. Ginting, (2007). Sistem Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

K. Halim, & H. C. Palit, (2016). Perbaikan Proses Penerimaan Spare Part dengan Menghilangkan Peran Gudang Main Store : A Case Study. 4(2), 257–264.

M. Haming, & M. Nurnajamuddin. (2017). Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta: PT Bumi Aksara.

J. Heizer, & B. Render. (2009). Operation Management Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

M. P. Tampubolon, (2014). Manajemen Operasi dan Rantai Pemasok. Jakarta: Mitra Wacana Media.

F. Tjiptono, & A. Diana. (2003). Total Quality Management (TQM)-Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

H. C. Wahyuni, W. Sulistyowati, & M. Khamrin. (2015). Pengendalian Kualitas; Aplikasi pada Industri Jasa dan Manufaktur dengan Lean, 6S dan Servql. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v2i2.4057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.