Analisis Risiko Kegagalan Produk Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Menggunakan House Of Risk Dan Supply Chain Operations Reference

Indah Novianti Putri(1*)

(1) Program Studi Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


PDAM XYZ merupakan perusahaan pemerintah daerah yang bergerak dibidang pengolahan air bersih serta memberikan jasa pelayanan dan menyelenggarakan kemanfaatan di bidang air bersih. Aktivitas PDAM antara lain mengumpulkan, mengolah dan menjernihkan sampai mendistribusikan kepada masyarakat / pelanggan. Dalam upaya peningkatan kualitas seringkali menemui kendala-kendala seperti kerusakan pada mesin, kerusakan pada fasilitas produksi dan cara pengolahan bahan kimia yang dapat mengakibatkan kebocoran sistem produksi yang mempengaruhi kualitas produk, dan juga terdapat faktor-faktor risiko yang mengancam hal tersebut.Dengan dilakukannya penelitian ini ke depannya  perusahaan dapat mengantisipasi dan memperbaiki risiko kegagalan proses yang ada di PDAM XYZ sehingga risiko-risiko kegagalan proses dapat diminimalisir yang nantinya berguna untuk pemenuhan target produksi baik secara kualitas maupun kuantitas.Maka dari itu penulis memilih metode HOR dan SCM untuk melihat risiko yang terjadi serta melakukan penanggulangan sehingga dapat memperbaiki dan menurunkan kegagalan, kedepannya perusahaan akan bisa menaikkan tingkat produksi dan kepercayaan masyarkat terhadap perusahaan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


P. D. Karningsih, Development of a Knowledge Based Supply Chain Risk Identification System. Doctor Philosophy, University of New South Wales. 2011.

B. R. Kristanto, dan N. L. P. Hariastuti, Aplikasi Model House Of Risk (HOR) Untuk Mitigasi Risiko Pada Supply Chain Bahan Baku Kulit. Jurnal: Ilmiah Teknik Industri, 13 (2) hlm.149-157. 2014.

Darojat, dan E. W. Yunitasari Pengukuran Performansi Perusahaan dengan Menggunakan Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR).Jurnal: Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, 5 (3) hlm. 142-151. 2017.

M. Ulfah, M. S. Maarif, Sukardi, dan S. Raharja, Analisis dan Perbaikan Manajemen Risiko Rantai Pasok Gula Rafinasi dengan Pendekatan House Of Risk. Jurnal Teknologi Industri Pertanian: 87-103. 2016.

D. L. Trenggonowati, Analisis Penyebab Risiko dan Mitigasi Risiko dengan Menggunakan Metode House Of Risk Pada Divisi Pengadaan PT. XYZ. Jurnal Industrial Servicess 3(1). 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v2i1.4049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.