Perancangan Ulang Tata Letak Gudang Menggunakan Metode Konvensional, Corelap Dan Simulasi Promodel

Wahyu Iqwan Rahmadani(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Di dalam PT. PM gudang dijadikan sebagai tempat penyimpanan serta perbaikan peralatan dan mesin yang sewaktu-waktu akan digunakan apabila dibutuhkan. Tetapi ada beberapa peralatan dan mesin yang ditempatkan tidak sesuai dengan penataan yang sudah dirancang sebelumnya. Akibatnya membuat area didalam gudang menjadi terlihat berantakan dan sempit. Kemudian juga ada dibeberapa area yang kurang maksimal pemanfaatannya. Data perancangan tata letak fasilitas merupakan data luas area yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk penataan fasilitas yang dipergunakan oleh perusahaan itu sendiri. Perhitungan yang dilakukan menggunakan metode konvensianal, melakukan perhitungan activity relationship chart (ARC), activity relationship diagram (ARD), area allocation diagram (AAD) dan pembuatan layout tata letak gudang yang baru serta menggunakan corelap dan Promodel. Tata letak usulan menunjukan beberapa perubahan diantaranya jarak antara pipa besi dengan keranjang besi yang yang sebelumnya berjarak 53 meter, pada tata letak usulan berjarak hanya 1 meter. Jarak antara 4 container yang sebelumnya memiliki jarak 10 meter, pada tata letak usulan hanya berjarak 1 meter. Berdasarkan perolehan hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa tata letak usulan dapat memberikan perbaikan yang sangat bermanfaat.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


H. Purnomo, Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.2003.

K. Lockyer, A. Muhlemann, & J. Oakland, Production and Operations Management. Jakarta: Gramedia. 1990.

Q, A. Dwianto, S. Susanty, & L. Fitria, Usulan Rancangan Tata Letak Fasilitas Dengan Menggunakan Metode Computerized Relationship Layout Planning (Corelap) Di Perusahaan Konveksi. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. 04 (01) hlm 87-97. 2016.

A. Alfian, Sistem Antrian Kantor Pajak dengan Model Simulasi (studi kasus Jalan Kapten A.Rivai). jurnal Seminar Nasional Riset dan Teknologi 2018 (RITREKTRA 2018). Hlm. TI-1 – TI-13. 2018.

D. Indrajaya & R. Cornellia. Analisis model antrian loket transaksi pada pt. Pos Indonesia (persero) kantor cabang sawangan dengan menggunakan software promodel. Jurnal String. 3 (2) hlm 170-175. 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v2i1.3851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.