Upaya Meningkatkan Kualitas Produk PD. X Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Kano

Husni Izza Maulana(1*)

(1) Program Studi Teknik Indutri, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


PD. X adalah salah satu perusahaan terbesardi kota Cirebon dalam bidang pembuatan saus dan kecap. Namun seiring semakin ketatnya persaingan yang kompetitif, seperti inovasi-inovasi dari para pesaing. Berpotensi memberi pengaruh yang signifikan terhadap penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk dari PD. X, terutama pada produk sausnya. Dan mengidentifikasi keluhan pelanggan terhadap produk PD. X. Penelitian ini dilakukan dengan survei melalui kuesioner responden, kemudian dilanjutkan dengan analisis data hasil penelitian. Analisis dilakukan dengan menghitung Custumer Satisfaction Index kemudian dilanjutkan dengan integrasi dari metode Importance Perfomance Analysis dan model KANO. Hasil penelitian diperoleh hasil nilai indeks kepuasan pelanggan terhadap produk saus PD. X sebesar 35,25% dan termasuk dalam kategori kurang puas. Dan dalam upaya meningkatkan nilai indeks tersebut diperoleh beberapa atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki ataupun dipertahankan, seperti cita rasa dari saus, masalah harga dari produk, jaminan, dan kekuatan produk.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


C. Balqis, Analisa Kualitas Pelayanan PembayaranDana Pensiun Menggunakan Integrasi Importance Performance Analysis dan Model Kano pada BankBTPN Kertajaya Surabaya. Surabaya : Universitas Airlangga. 2016.

S. A. Fudhila, R. Lestari, dan R. husna, Integrasi Metode Importance Performance Analysis dan Model kano Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan(Studi Kasus: Perpustakaan Universsitas Andalas). Jurnal Matematika UNAND. 2016.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19-5/E.Semarang: Universitas Diponegoro. 2011.

A. Indrasari, Integrasi Metode IPA dan Model Kano Dalam Pengembangan Kualitas Pelayanan Perpustakaan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri,Vol.3,No. 1. 2015.

D.S. Lestari, Makanan Pedas Paling Dicari Saat Musim Hujan. [ONLINE]. https://lifestyle.okezone.com/read/2015/11/13/298/1248722/makanan-pedas-paling-dicari-saat-musim-hujan. 2015.

M. Yola and D. Budianto. Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). J. Optimasi Sist. Ind., vol. 12, no. 12, pp. 301–309. 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v1i2.3844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.