Analisis Sistem Penjadwalan Produksi Berdasarkan Pesanan Pelanggan dengan Metode FCFS, LPT, SPT dan EDD Pada PD. X

rosi indah safitri(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


PD X merupakan perusahaan industri yang bergerak dibidang pangan yaitu saus.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui metode pengurutan pekerjaan terbaik yang dapat mengoptimalkan proses produksi agar meminimalkan waktu penyelesaiannya. Metode yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian iniadalah metode job sequencingyang terdiri dari first Come First Sarve (FCFS),Earlist Due Date (EDD), Shortest Processing Time (SPT), dan Long Processing Time (LPT). Data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, dokumentasi dan studi pustaka yang diperoleh dari perusahaan.Penelitian ini membandingkan hasil perhitungan rata-rata waktu penyelesaian pesanan, total waktu keterlambatan, dan nilaiutilitas dari keempat metode tersebut.Hasil dari penelitian ini ternyata metode EDDdan SPT merupakan metode yang paling optimal dengan nilai total waktu penyelesaian 189 hari, total keterlambatan 13 hari, dan mempunyaiutilitas 15% di bulan Juli. Sedangkannilai rata-rata waktu penyelesaian selama 172 hari, total keterlambatan 12 hari, dan mempunyai utilitas 17% di bulan Agustus. Upaya yang dapat dilakukan oleh PD X untuk membuat penjadwalan produksi yang optimal dapat menggunakan metode EDDatau SPT karena selain terbukti mempunyai nilai yang paling baik dari metode yang lain, metode ini juga sangat sesuai dengan keadaan PD X yang menerapkan sistem produksi make to order, dimana penyesuain pesanan pelanggan sesuai dengan lead time yang ada.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Nasution, dkk. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. 2008.

R. Ginting, Sistem Produksi. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. 2012.

B. A. Irvantoro, Penerapan Metode Asas Prioritas Pada Proses Produksi Studi Pada Koperasi Batur Jaya, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Jurnal: jurnal ilmiyah teknik industri, 11 (2), 1–12. 2012.

Kusnadi, dkk. Sistem Operasi. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2008.

V. Gasper, Production Planning And Inventory Control. Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II & JIT menuju Manufacturing 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2005.

R. B .Yosan, dan H. Erwandi, Penjadwalan Produksi dengan Menggunakan Metode Fcfs, Edd, Spt dan Lpt Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jurnal: jurnal ilmiyah pasti, 6 (1), 97 - 107.

H. Jay, dan B. Render. Manajemen Operasi Edisi 7 Jilid 2. Salemba Empat: Jakarta. 2005

M. I. Hasan, Dkk. Perencanaan Pencampuran Batubara Software Pom-Qm Untuk Optimalisasi Stockpile Di Port Site Pt. Jembayan Muarabara Tenggarong, Provinsi Kalimantan Timur.Jurnal : Teknologi Mineral FT UNMUL. 6 (1), 32 – 37. 2018.

Z. Hertawan. Pratikum Manajemen Operasional Dengan Software POM QM for Windows. F. E Ekonomi Universitas Muhammadiyag: Bengkulu. 2011.

B. Wahyon. Mesin dan Peralatan. Universitas Sebelas Maret. Pendidikan Ekonomi: Surakarta. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v1i2.3840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.