Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Perusahaan Ekspedisi PT. CY

Masri Pradipto(1*)

(1) Dosen di Program Studi Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dalam karya tulis ini membahas tentang pengukuran kinerja pada suatu perusahaan ekspedisi PT. CY. Pengukuran kinerja yang dilakukan adalah pengukuran yang digunakan perusahaan pada saat ini dan pengukuran kinerja dengan metode balanced scorecard (BSC). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sistem pengukuran kinerja yang dilakukan perusahaan pada saat ini, melakukan pengukuran kinerja dengan menggunakan metode BSC dan melakukan perbaikan dengan peta strategi dan tabel key performance indicators (KPI) yang dihasilkan penelitian ini. Proses pembobotan perspektif dan indikator-indikator utama penyusun tabel KPI menggunakan metode analytic hierarchy process (AHP).

Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengukuran yang dilakukan perusahaan saat ini sangat tidak memadai dan metode balanced scorecard menjadi sistem pengukuran yang tepat dan dibutuhkan PT. CY saat ini. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa aspek yang menjadi urutan prioritas utama dalam usaha peningkatan kinerja PT. CY adalah aspek finansial 43,10%, kemudian aspek pembelajaran dan pertumbuhan 37,37%, kemudian aspek proses bisnis internal 14,47%, dan yang terakhir adalah aspek pelanggan 4,76%


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v2i1.3758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.