Optimalisasi Waktu Kerja Operator Dengan Menggunakan Metode Hungarian

Rudi Kurniawan(1), Yusnawati Yusnawati(2*), Nurmalawati Nurmalawati(3), Dewiyana Dewiyana(4), Meri Andriani(5)

(1) 
(2) Universitas Samudra
(3) Universitas Samudra
(4) Universitas Samudra
(5) Universitas Samudra
(*) Corresponding Author

Abstract


Ahass 12411 Cahaya Jaya Abadi Mandiri merupakan bengkel resmi Honda yang didirikan pada tahun 2007. Bengkel resmi ini merupakan termasuk kedalam bagian dari PT. Cahaya Jaya Abadi Mandiri beralamat di Jl. Ahmad Yani no. 4-6 Kota Langsa yang memperkerjakan empat orang operator dengan pekerjaan yang dilakukan perbaikan service ringan, sedang dan berat. Bersumber dari observasi yang diperoleh fenomena yang sering terjadi adalah keterlambatan perbaikkan kendaraaan yang mengakibatkan terjadinya antrian sehingga kurang optimalnya waktu kerja yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengalokasikan penugasan service pada operator sesuai dengan jenis servicenya. Untuk mendapatkan waktu kerja optimal maka digunakan metode hungarian yaitu suatu metode yang digunakkan untuk menyelesaikan masalah penugasan dengan memecahkan masalah alokasi sumber daya. Berdasarkan perhitungan total waktu baku aktual perbaikkan kendaraan adalah 163,657 menit sedangkan menggunakan metode hungarian total waktu baku penyelesaian perbaikkan kendaraan adalah 121,41, adapun pengalokasian operator 1 ditugaskan pada service ringan, pengalokasian operator 2 di ditugaskan pada service sedang dan pengalokasian operator 3 ditugaskan pada service berat, sedangkan pada operator 1 tidak dialokasikan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat penghematan waktu baku sebesar 26%.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


W. R. Nabila, D. Herwanto, and W. R. Zahra, “Optimalisasi Waktu Kerja Karyawan Menggunakan Metode Hungarian (Studi Kasus CV Bintang Jaya),” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 7, no. 1, p. 66, 2022, doi: 10.30998/string.v7i1.13185.

Yusnawati, N. Handayani, and Y. Nadya, “Pengantar Supply Chain Management,” no. 0, pp. 1–23, 2016.

P. O. M. Qm, “PRODUKTIVITAS KERJA MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN kualitas kinerja pada permasalahan penugasan untuk penempatan tugas karyawan ( Subagyo , minimum ( least cost search ). berjalan dengan baik , terlihat dari tidak tercapainya target produksi dan dari waktu ,” vol. 2, no. 1, pp. 22–32, 2022.

D. Harini, “Optimasi Penugasan Menggunakan Metode Hungarian,” Intensif, vol. 1, no. 2, p. 68, 2017, doi: 10.29407/intensif.v1i2.797.

O. Hia, “Implementasi Metode Hungarian Dalam Penugasan Karyawan (Studi Kasus: PT. Jefrindo Consultant),” J. Ris. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 85–92, 2019, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom

H. Suprapto, “Menurunkan Cacat Crawling pada Keramik Berglasir Putih dengan Metode Six Sigma di PT HSI,” J. Optimasi Tek. Ind., vol. 1, no. 1, p. 16, 2019, doi: 10.30998/joti.v1i1.3425.

A. Sutiko, H. Suprapto, and D. Zainuddin, “Analisis Produktivitas dan Beban Kerja Operator Produksi dengan Metode Work Sampling dan NASA-TLX di PT. Tokai Dharma Indonesia Plant II,” J. Optimasi Tek. Ind., vol. 3, no. 2, p. 49, 2021, doi: 10.30998/joti.v3i2.10026.

R. Afiani and D. Pujotomo, “Penentuan Waktu Baku Dengan Metode Stopwatch Time Study Studi Kasus Cv . Mans Group,” J. Tek. Ind., vol. 6, no. 1, pp. 1–30, 2015.

D. Nurmajidah, “Pengaruh Jam Kerja , Upah dan Usia Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PTPN V SEI Buatan Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.,” Skripsi, pp. 1–132, 2020.

T. Pustaka and P. P. Waktu, “Work Measurement Techniques.Pdf,” pp. 12–41.

S. Astuti, V. Lusia, and A. Khairunnisa, “Perhitungan Waktu Standart Untuk Menentukan Jumlah Tenaga Kerja dan Kebutuhan Mesin/Alat pada Proses Produksi Reagen Alat/Asat (GPT) FS (IFCC mod) di PT PDL,” J. Kalibr., vol. 3, no. 2, pp. 1–19, 2020.

N. Bayu, “Optimalisasi Pelayanan E-Ktp Guna Meningkatkan Validitas Data Kependudukan Di Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang,” J. Kaji. Adm. dan Pemerintah. Drh., vol. 10, no. 6, pp. 99–100, 2017.

T. N. Zandroto, “Implementasi Metode Hungarian Dalam Penugasan Karyawan Pada PT. Ria Sukses Mandiri Medan,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 6, no. 2, pp. 184–187, 2019, [Online]. Available: https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/1319

P. Firmansyah and A. Alamsyah, “a,” Bull. Appl. Ind. Eng. Theory, vol. 1, no. 1, pp. 7–11, 2020.

D. T. Pratama and H. S. Kurniawan, “Optimasi Masalah Penugasan Menggunakan Metode Hungarian untuk Meminimalkan Waktu Produksi,” Bull. Appl. Ind. Eng. Theory, vol. 1, no. 1, pp. 16–20, 2020, [Online]. Available: http://jim.unindra.ac.id/index.php/baiet/article/view/277

R. Faturrohman, P. Studi, T. Industri, F. Teknik, and U. Majalengka, “PELATIHAN DAN IMPLEMENTASI SOFTWARE POM-QM UNTUK PERAMALAN KUNJUNGAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PEMBANTU ( PUSTU ) X Regi Faturrohman,” vol. 5, no. January, pp. 507–518, 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v7i1.25337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.