Evaluasi Penerapan Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Laboratorium Pemesinan Politeknik Industri Logam Morowali

Abduh Malik Alfafa(1*)

(1) Politeknik Industri Logam Morowali
(*) Corresponding Author

Abstract


Studi ini bertujuan mengevaluasi implementasi protokol K3 di fasilitas laboratorium pemesinan Politeknik Industri Logam Morowali. Tujuan utamanya mencakup tiga aspek: evaluasi tingkat kepatuhan terhadap standar K3, identifikasi risiko potensial, dan pengembangan strategi untuk meningkatkan keamanan. Penelitian ini berfokus pada analisis komprehensif praktik K3 yang diterapkan, dengan tujuan akhir merumuskan rekomendasi untuk perbaikan sistem keselamatan di lingkungan laboratorium tersebut. Metodologi studi ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode utama: pengamatan langsung di lokasi, wawancara mendalam yang melibatkan staf dan mahasiswa, serta dengan mengisi kuesioner. Kombinasi teknik ini bertujuan memberikan gambaran komprehensif tentang praktik K3 yang berlaku di laboratorium. Penelitian ini mengambil sampel dari keseluruhan area laboratorium pemesinan di institusi tersebut. Potensi bahaya yang teridentifikasi meliputi risiko kebisingan, paparan bahan kimia, dan bahaya mekanis dari peralatan berputar. Berdasarkan temuan ini, dirumuskan rekomendasi yang mencakup peningkatan program pelatihan K3, perbaikan sistem ventilasi, dan implementasi sistem pelaporan bahaya yang lebih efektif.  Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam upaya peningkatan keselamatan di lingkungan pendidikan vokasi, khususnya di sektor industri logam.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afnia Dwi Febriani, A. N. S. (2018). UPAYA PEMBIASAAN DIRI SISWA MENERAPKAN K3 PADA KEGIATAN PRAKTIKUM PENDIDIKAN KEJURUAN SEBAGAI BEKAL MEMASUKI DUNIA KERJA. SEMINAR NASIONAL KEPALANGMERAHAN, 52–60.

BUNTARTO. (2015). Panduan Praktis Keselamatan dan Kesehatan Kerja Untuk Industri / Buntarto | Perpustakaan Politeknik ATI Makassar. Yogyakarta : Pustaka Baru Press. https://lib.atim.ac.id/opac/detail-opac?id=7221

Chua, H. L., Lee, S. H., & Fulmer, G. W. (2017). Action research on the effect of descriptive and evaluative feedback order on student learning in a specialized mathematics and science secondary school. Asia-Pacific Science Education, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.1186/S41029-017-0015-Y/TABLES/5

Drs. Irzal, M. K. (2016). Dasar-Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Kencana. https://books.google.co.id/books/about/Dasar_Dasar_Kesehatan_dan_Keselamatan_Ke.html?id=D-VNDwAAQBAJ&redir_esc=y

Flick, U. (2007). Designing Qualitative Research. Designing Qualitative Research. https://doi.org/10.4135/9781849208826

Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).

Kantun, S. (2017). PENELITIAN EVALUATIF SEBAGAI SALAH SATU MODEL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN (Suatu Kajian Konseptual). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 10(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3809

KUSWANA, W. S. (2016). Ergonomi dan K3 : Kesehatan Keselamatan Kerja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. https://lib.atim.ac.id/opac/detail-opac?id=1770

Musa, W., Pangeran, D., & Kustono, T. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan K3 di Bengkel Pemesinan. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3), 90–94.

Ostad-Ali, F., Behzadi, M. H., & Shahvarani, A. (2015). Descriptive Qualitative Method of Evaluation from the Viewpoint of Math Teachers and Its Comparison with the Quantitative Evaluation (Giving scores) Method (A Case Study on the Primary Schools for Girls in Zone 1 of Tehran City). Mathematics Education Trends and Research, 2015(1), 50–56. https://doi.org/10.5899/2015/METR-00078

Rivai, V. (2013). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan : Dari teori ke praktik / Veithzal Rivai | Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jakarta : RajaGrafindo Persada. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=20052

Sasongko, R. N. (2018). THE IMPLEMENTATION OF NATIONAL STANDARDS OF EDUCATION FOR SCHOOL QUALITY IMPROVEMENT FACING THE 21ST CENTURY (DESCRIPTIVE EVALUATIVE STUDIES IN VARIOUS LEVELS OF SCHOOLS IN BENGKULU PROVINCE OF INDONESIA). International Journal of Current Research in Life Sciences, 2647–2651.

Satori, D., & Komariah, A. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22940

Sugiyono;, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyunan, A., Sutijono, & Sholah, A. (2019). Optimalisasi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Laboratorium Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin, 23(2), 1–2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v6i2.24387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.