Implementasi Knowledge Management System Berbasis Website pada UMKM Yodhiwongso Art

Dimas Adie Rizqia(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu fungsi kegunaan knowledge management system (KMS) adalah sebagai media promosi suatu usaha. Pemanfaatan KMS berbasis website dapat digunakan suatu perusahaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan pemasaran produknya. Yodhiwongso Art merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang produksi ukiran kayu, herbel, dan batu. Namun, strategi pemasaran pada UMKM tersebut hanya mengandalkan dari mulut ke mulut dan sosial media. Tujuan pada penelitian ini adalah mengimplementasikan KMS berbasis website pada UMKM Yodhiwongso Art menggunakan metode Waterfall. Hasil dari penelitian adalah sebuah sistem berbasis website yang menampilkan informasi dan layanan terkait UMKM Yodhiwongso Art. Dengan adanya website sebagai media promosi, dapat memudahkan pengusaha dalam memberikan layanan dan informasi kapan saja dan dimana saja pelanggan berada.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


R. Wahyuniardi, M. Syarwani, dan R. Anggani, “Pengukuran Kinerja Supply Chain Dengan Pendekatan Supply Chain Operation References (SCOR),” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 16, no. 2, hal. 123, Des 2017, doi: 10.23917/jiti.v16i2.4118.

S. Entas, “Impelementasi Knowledge Management Pada UKM Sentra Pengrajin Sepatu di Desa Kotabatu Ciomas Kabupaten Bogor,” J. Tek. Komput., vol. 3, no. 1, hal. 124–128, 2017.

N. Noerchoidah dan N. Nurdina, “Media Website Sebagai Solusi Promosi Penjualan Pada Umkm,” J. Kreat. dan Inov. (Jurnal Kreanova), vol. 2, no. 1, hal. 1–6, 2022, doi: 10.24034/kreanova.v2i1.5212.

R. N. Haryadi, Anda Rojali, Khumidin, dan M. Fauzan, “Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis,” J. Pengabdi. Bina Mandiri, vol. 1, no. 1, hal. 10–16, 2021, doi: 10.51805/jpmm.v1i1.3.

S. Soedewi, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, hal. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.

R. Risald, “Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall,” J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, hal. 37–42, 2021, doi: 10.32938/jitu.v1i1.1393.

W. Harjono dan Kristianus Jago Tute, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Menggunakkan Metode Waterfall,” SATESI J. Sains Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, hal. 47–51, 2022, doi: 10.54259/satesi.v2i1.773.

T. Ulandari dan H. Mulyono, “Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada CV. Albanesia Group,” J. Manaj. Sist. …, vol. 7, no. 3, hal. 487–500, 2022.

R. S. Romadhon, R. D. Fitriawan, A. R. Fahriansyah, dan T. Indriyani, “Pembuatan Website Catalog UMKM Nyuemilteros Menggunakan Metode Waterfall,” vol. 1, no. 2, hal. 366–374, 2022, doi: 10.31284/p.semtik.2022-1.3115.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v6i1.21928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.