Perancangan Sistem Electronic Customer Relationship Management Berbasis Website Pada CV Griya Alam Mulia

Daffa Ahmad Elangga(1), Deny Wibisono(2*)

(1) Teknik Industri - Universitas Indraprasta PGRI
(2) Teknik Industri - Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Internet merupakan salah satu kemajuan dari revolusi industri 4.0 yang berguna bagi perusahaan. Salah satu dari manfaat internet adalah bisa terhubungnya perusahaan dengan pelanggan dan memudahkan pelanggan melakukan customer relationship management. CV Griya Alam Mulia merupakan perusahaan jasa yang memproduksi metal komponen. Pada kondisi saat ini, CV Griya Alam mulia yang belum memiliki website resmi, hanya memiliki 1 customer yang konsisten bisa memberikan Purchase Order perbulan, belum mempunyai media untuk menarik customer baru, dan sistem feedback dengan pelanggan yang kurang. Tujuan penelitian ini adalah membuat rancangan penerapan sistem Electronic Customer Relationship pada CV Griya Alam Mulia, dan membuat website E CRM untuk CV Griya Alam Mulia. Metode penelitian yang digunakan adalah: Metode Framework of Dynamic CRM yaitu metode menggunakan pendekatan fase penerapan CRM yang untuk merancang penerapan sistem E CRM; dan Metode Waterfall yaitu metode yang digunakan untuk membuat website dengan langkah yaitu requirement analysis, design, implementation, testing, dan maintenance. Didapat hasil penerapan sistem E CRM dengan metode Framework of Dynamic CRM melalui beberapa fitur wesbite E CRM yaitu Homepage dan Login dan Daftar untuk penerapan fase acquistion pada website E CRM; News and Article dan Profile untuk penerapan fase retention pada website E CRM; dan Customer Services untuk penerapan fase expansion pada website E CRM. Membuat website dengan metode Waterfall yaitu analisis sistem CRM yang berlaku dan usulan sistem CRM dengan hasil dari metode Framework of Dynamic CRM untuk analisis kebutuhan; DFD dan ERD untuk desain website; implementasi pengkodingan menggunakan bahasa HTML, CSS, JS, dan PHP; dan blackbox testing untuk pengujian.

Kata kunci: Customer Relationship Management, Electronic Customer Relationship Management, Metode Framework of Dynamic CRM, Metode Waterfall, Website


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


S. Kemp, “Digital 2022: Indonesia.” [Online]. Available: https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.

R. A. Setiawan and D. B. Setyohadi, “Analisis Komunikasi Sosial Media Twitter sebagai Saluran Layanan Pelanggan Provider Internet dan Seluler di Indonesia,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 1, p. 16, Apr. 2017, doi: 10.20473/jishebi.3.1.16-25.

J. Heyn, CRM - How It Can Help Medium Size Companies and Are There Any Downsides to Its Implementation. Norderstedt: GRIN Verlag, 2012.

R. Hidayat, “Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan,” J. Sisfotel Glob., vol. 4, no. 2, 2014.

N. N. Hikmah, “PERKEMBANGAN E-CRM,” Jakarta, 2021.

C. Park and Y. Kim, “A framework of dynamic CRM: linking marketing with information strategy,” Bus. Process Manag. J., vol. 9, no. 5, pp. 652–671, Oct. 2003, doi: 10.1108/14637150310496749.

A. Fathoroni, R. N. S. Fatonah, R. Andarsyah, and N. Riza, Buku tutorial sistem pendukung keputusan penilaian kinerja dosen menggunakan metode 360 degree feedback. Bandung: CV. Kreatif Industri Nusantara., 2020.

D. Yendrianof et al., Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2022.

Suprihatin, BASIS DATA untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2018.

U. Hanifah, R. Alit, and Sugiarto, “Penggunaan metode black box pada pengujian sistem informasi surat keluar masuk,” Scan J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 33–40, 2016.

G. Zulfata, N. H. Wardani, and A. H. Brata, “Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Toko Sepatu Aneka Sport Malang Dengan Metode Kerangka Kerja Dynamic CRM,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komputer., vol. 2, no. 4, pp. 1419–1427, Apr. 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v6i1.20157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.