Analisa Postur Pekerja Dengan Metode Rula-Reba dan NASA-TLX Sebagai Dasar Re-Design Mesin dan Fasilitas Kerja Di PT. AMA

Sahat Sinambela(1*), Dwi Satia Mirawan(2), Muhammad Irvan(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Program Studi Teknik Industri, Universitas Inraprasta PGRI Jakarta
(3) Program Studi Teknik Industri, Universitas Inraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisa Postur Pekerja Dengan Metode Rula-Reba dan NASA-TLX Sebagai Dasar Re-Design Mesin dan Fasilitas Kerja Di PT. AMA. PT.Anugerah Mortar Abadi, didirikan  tahun 2011. Perusahaan ini memproduksi jenis bahan, perekat bata ringan, plester dinding, acian, nat keramik dan water proofing, penelitian ini untuk mengetahui beban mental, metode kerja serta analisa postur tubuh kerja operator packing pada mesin M-TEC dilanjutkan dengan dengan menggunakan konsep anthropometri untuk memperhatikan ukuran pasilitas dan pekerja, dari hasil survey awal kegiatan yang dilakukan pada mesin ini  masih manual, dengan uraian kegiatan sebagai berikut, proses stampling lot palet, memasang kemasan ke spot mesin, menekan tombol mesin menghidupkan, mengangkat produk ke palet, merapikan produk diatas palet. Aktivitas tersebut dilakukan berulang dengan intensitas tinggi, hal ini mengakibatkan pekerja mengeluh sakit pada bagian tubuh serta beban kerja mental yang teradi, dari hasil penelitian yang dilakukan dengan Rapid Upper Limb Assessment (RULA), dan Rapid Entire Body Assessment (REBA), hasilnya menunjukan masing-masing dua aktivitas resiko sangat tinggi, dua aktivitas resiko tinggi dan dua aktivitas resiko menengah, kemudian dengan menggunakan National Aeronautics and Space Administration Task Load Index (NASA-TLX), pekerja packing memiliki beban kerja kategori sedang hingga berat, hal ini lah yang mendasari usulan perlu dilakukan perbaikan metode dan desain pasilitas dengan segera.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Yanto, & Ngaliman, B. (2017). Ergonomi Dasar-Dasar Studi Waktu dan Gerakan untuk Analisis dan Perbaikan Sistem Kerja (Edisi ke-1). Penerbit Andi, Yogyakarta.

Anjanny, A., Ferusgel, A., Maya Sari Siregar, D., (2019). Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pekerja Pengguna Komputer di badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Kesehatan Global, No.1, vol.2, 45–51. https://doi.org/10.33085/JKG.V2I1.4068

Nurmianto, E. (2004). Ergonomi, Konsep Dasar Dan Aplikasinya (Edisi ke-2). Guna Widya, Surabaya.

Bridger, R. S. (2003). Introduction to Ergonomics (2nd ed.). Taylor & Francis Inc., New York.

Tarwaka, Bakri, S. H. A., & Sudiajeng, L. (2004). Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas (Edisi ke-1). UNIBA PRESS, Surakarta.

Hariyati, M. (2011). Pengaruh Beban Kerja terhadap Kelelahan Kerja pada Pekerja Linting Manual Di PT. Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta. Skripsi, Fakultas Kedokteran, UNS (Universitas Sebelas Maret), Surakarta.

Middlesworth, M. (2023b). A Step-by-Step Guide to the RULA Assessment Tool. Web Site Ergo Plus. https://ergo-plus.com/rula-assessment-tool-guide/, diakses tanggal 25 Agustus 2023.

Middlesworth, M. (2023a). A Step-by-Step Guide to the REBA Assessment Tool. Web Site Ergo Plus. https://ergo-plus.com/reba-assessment-tool-guide/, diakses tanggal 25 Agustus 2023.

Purnomo, H. (2013). Antropometri dan Aplikasinya (Edisi ke-1). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Iridiastadi, H., & Yassierli. (2017). Ergonomi Suatu Pengantar (Edisi ke-1). PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Perhimpunan Ergonomi Indonesia. (2013). Rekap Data Antropometri Indonesia. Web Site Antropometri Indonesia. https://antropometriindonesia.org/index.php/detail/artikel/4/10/data_antropometri, diakses tanggal 25 Agustus 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v5i2.19698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.