Strategi Pemilihan Kriteria Supplier Kemasan Alufoil berdasarkan Metode Strategic Assumption Surfacing and Testing

Dian Jingga Permana(1*), Rimsa Rusmiland(2), Irman Maulana(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Fakultas Teknik Industri
(2) Program Studi Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Program Studi Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri makanan dan minuman di Indonesia semakin beragam, menciptakan dan mengembangkan suatu produk makanan perlu mempertimbangkan perubahan konsep produk makanan. Kebutuhan akan pasokan bahan baku berkualitas sangat penting dalam mendukung strategi perusahaan, terutama kebutuhan bahan baku kemasan primer (alufoil). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kriteria – kriteria dalam pemilihan supplier, proses ini merupakan bagian dalam mendukung pengembangan produk inovatif. Metode SAST (Strategic Assumption Surfacing and Testing) digunakan dalam proses pengambilan keputusan strategis dan model QCDFR (Quality, Cost, Delivery, flexibility, Responsiveness) sebagai dasar kriterianya. Kuesioner diberikan kepada enam responden (stakeholder) untuk dinilai berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kepastian dari masing – masing asumsi strategis. Data diolah melalui proses pemeringkatan asumsi strategis dengan teknik SAST, kemudian asumsi strategis akan dipilih berdasarkan nilai tingkat kepastian dan tingkat kepenting yang relatif tinggi. Hasilnya: terdapat 15 butir hasil pemeringkatan asumsi strategis dengan teknik SAST yang berada di dalam kuadran I dan lima butir asumsi strategis berada di dalam kuadran II. Kesimpulannya: 15 butir asumsi strategis yang yang berada di dalam kuadran I dipilih menjadi kriteria pemilihan supplier penyedia bahan baku kemasan primer (alufoil).


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


N. Ramadhani and S. Mulyati, “Pengaruh Siklus Konversi Kas dan Cash Holding Terhadap Profitabilitas Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia,” Sel. Manaj. J. Mhs. Bisnis Manaj., vol. 01, no. 01, pp. 293–311, 2022, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/23939.

Kasrianti., H. Budiyanti, Nurman., H. Ali, and M. I. Musa, “Faktor-faktor yang mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Makanan dan Minuman,” J. Ilmu Ris. Akunt., vol. 5, no. 1, pp. 1–20, 2016.

A. Salam and A. Makhtum, “Implementasi Jaminan Produk Halal Melalui Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Umkm di Kabupaten Sampang,” Qawwam Leader’s Writ., vol. 3, no. 1, pp. 10–20, 2022.

S. T. Partini, “Pengaruh Food Ingredients, Sertifikasi Halal, dan Religiusitas terhadap Minat Beli Makanan Olahan Halal,” Bull. Manag. Bus., vol. 3, no. 1, pp. 294–304, 2022.

S. N. Shamsudin, E. Abu Bakar, S. Osman, and N. R. S. Mohd Dali, “Konsep Halalan Tayyiban bagi Produk Nutraseutikal,” J. Fatwa Manag. Res., vol. 28, no. 1, pp. 69–84, 2023, doi: 10.33102/jfatwa.vol28no1.460.

H. T. Adikoro and F. Wurjaningrum, “Analisis Pemilihan Supplier Kain Byemi Official Store Dengan Metode Fuzzy AHP dan Fuzzy Topsis,” J. Manaj. dan Perbank., vol. 9, no. 2, pp. 38–53, 2022.

C. Medilasito and J. Supratman, “Evaluasi Pemilihan Supplier Kemasan So Klin Terbaik Menggunakan Analytical Hierarchy Process di PT Sayap Mas Utama,” J. Bhara Petro Energi, vol. 1, no. 3, pp. 34–42, 2022, doi: 10.31599/bpe.v1i3.1742.

M. C. Jackson, Systems Thinking – Creative Holism for Managers, vol. 33, no. 8. 2016.

N. W. Setyawati, D. S. Woelandari, and A. Dharmanto, “Analysis of Youth Entrepreneurship Development in Facing Era 5.0 Using SAST Method,” East Asian J. Multidiscip. Res., vol. 1, no. 4, pp. 545–558, 2022, doi: 10.55927/eajmr.v1i4.341.

C. C. Li, Y. P. Fun, and J. S. Hung, “A new measure for supplier performance evaluation,” IIE Trans. (Institute Ind. Eng., vol. 29, no. 9, pp. 753–758, 1997, doi: 10.1080/07408179708966385.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v5i2.19287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.