Strategi Pengembangan Bisnis Kedai Kopi Makosan dengan Menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC)

Aji Kusumastuti Hendrawan(1*), Siti Fauzatun Wachidah(2), Alfiana Restuningsih(3)

(1) Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
(*) Corresponding Author

Abstract


Kedai Kopi Makosan berdiri sejak tahun 2019 dibawah YABAKII Mart. Sejak berdirinya, Kedai Kopi Makosan belum memiliki perencanaan strategi yang terukur dan model bisnis, sehingga terkesan kurang berkembang dan berimbas pada omset yang kurang memuaskan. Rata-rata omset Kedai Kopi Makosan tiap bulannya berkisar Rp.2.000.000,-. Namun jumlah tersebut belum dapat mencukupi kebutuhan operasional sehari-hari dan juga honorarium untuk 4 karyawan Kedai Kopi Makosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat strategi pengembangan bisnis Kedai Kopi Makosan. Metode yang digunakan yaitu analisis SWOT, pembobotan matriks IFAS dan EFAS, analisis menggunakan BMC (Bussiness Model Canvas). Strategi yang dihasilkan dari analisis tersebut yaitu: (1) Meningkatkan kerjasama, (2) Meningkatkan kompetensi SDM, (3) Memaksimalkan metode pemasaran, (4) melakukan inovasi produk, (5) Relayout ruangan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fitriani, R., Nugraha., Djamaludin. (2020). Strategi Pengembangan Sektor Industri Alas Kaki Berbahan Kulit Dengan Metode SWOT dan Bisnis Model Canvas. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 18. No. 1. PP. 34-42.

Zulkarnain., Saputra, M. G., Silvia, D. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas Pada PT Pitu Kreatif Berkah. Journal Industrial Servicess, Vol. 6. No. 1. PP. 55-61.

Aulawi, H., Rahmawati, D., Putri, R. (2021). Strategi Pencapaian Keunggulan Bersaing Minuman Kemasan Lemon Menggunakan Metode BusinessModel Canvas & SWOT. Jurnal Kalibrasi, Vol. 19. No.2. Hal 146-151.

Anggraini. R., Nursanti. E., Galuh. H. (2021). Usulan Manajemen Strategi Peningkatan Penjualan Roti Pada Angsa Cake & Bakery Malang (Studi Kasus UMKM Angsa Cake & Bakery Malang). Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri).Vol. 4. No. 2.

Supandi, A., Ningsih, R., Afriliani, D., Habibah, N., Bhudeci, D., Hebdrawan, P., Muktarom, A. (2022). Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canva (BMC) dan Analisis SWOT Pada Warung Makan Bebek Nano-Nano. Jurnal Usaha, Usaha (Unit Kewirausahaan) Pendidikan dan Non Pendidikan, Vol. 03. No. 02. PP. 63-72.

Putra. A. F., Rahmadani. F. (2020). Strategi Pengembangan Model Bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato Berdasarkan Analisis SWOT Dan BMC. Journal Of Industrial View. Vol. 02. No. 01. Hal. 33-42.

A. A. U. Nugeroho, S. Hasibuan, C. Jaqin, and J. Hidayati, “Development strategy of small and medium food industry in Tangerang City with SWOT and AHP methods,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1122, no. 1, p. 012038, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1122/1/012038.

Nugroho. R., Purba. R. D., Rizky. Z. (2019). Penentuan Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Analisis SWOT Dan Business Model Canvas. Seminar Nasional IENACO.

Kuswardhani. N., Agustian. R., Plus. M. L. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis "COFRESH" (Coffee Fresh) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Agroindustrial Technology Journal. Vol. 04. No. 02. 167-181.

Susilowati., I. H. (2021). Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canva (BMC). Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Universitas Bina Sarana Informatika, Vol. 19. No. 2. PP. 113-121.

Mahendra, A., Asmawi. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Gantra Betta Fish Tulungagung Dalam Perspektif SWOT Dan BMC. Juremi, Jurnal Riset dan Ekonomi, Vol. 01. No. 04. PP. 322-332.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v5i1.15623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.