Penerapan Business Process Reengineering untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Bisnis Menggunakan Bizagi Modeler
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
PT. XYZ merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi peralatan listrik. Pada proses pengajuan return produk masih dilakukan dengan cara manual sehingga diperlukan waktu lama untuk melakukan proses yang menyebabkan adanya keluhan pelanggan. Jumlah return produk pada Agustus 2021 mencapai 5192 pcs, sehingga menyebabkan delay produksi produk sebanyak 18471 pcs. Berdasarkan hasil Analisis proses bisnis menggunakan metode BPR didapatkan hasil uji efisiensi throughput awal proses pengajuan return sebesar 59% dengan rata – rata waktu pengerjaan selama 1 hari 7 jam 43 menit 20 detik. Setelah dilakukan simulasi usulan hasil presentase efisiensi proses pengajuan return produk sebesar 97,2% dengan rata – rata waktu pengerjaan selama 8 jam 20 menit. Serta presentase utilisasi yang semula 30,13% menjadi 85,57%.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
M. A. Ramdhani, “Pemodelan Proses Bisnis Sistem Akademik Menggunakan Pendekatan Business Process Modelling Notation (BPMN) (Studi kasus institusi perguruan tinggi XYZ) Moch,” J. Inf., vol. VII, no. 2, pp. 33–47, 2015.
A. Oktavio, “Pengaruh Busines process Reengineering Terhadap Busines process performance pada Hotel budget di Surabaya,” J. Ilm. Manaj. dan akutansi, vol. 4, no. 2, 2017.
S. M. Annahar, I. Budiman, and R. A. Nugroho, “Uji Efektivitas Waktu Implementasi One Card Patient Sebagai Business Process Reengineering Sistem Informasi Klinik Dokter Gigi,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, p. 195, 2016, doi: 10.20527/klik.v3i2.61.
M. Dachyar and G. Novita, “Business process re-engineering of logistics system in pharmaceutical company,” ARPN J. Eng. Appl. Sci., vol. 11, no. 7, pp. 4539–4546, 2016.
R. Nurhalipah, A. Erfina, and C. Warman, “Business Process Reengineering (BPR) Sistem Informasi Perpustakaan Man 2 Sukabumi,” pp. 282–289, 2021.
D. Arya, W. Suharso, and Maskur, “Business process reengineering pada kejaksaan negeri Batu,” J. Repos., vol. 1, no. 2, p. 159, 2020, doi: 10.22219/repositor.v1i2.255.
D. T. Saputro, “Pembuatan Proses Bisnis Persiapan Material Untuk Produksi dengan Business Process Modelling Notation (BPMN) Di Pabrik Generator Sets (GENSET) PT ABC,” J. Indones. Sos. Teknol., vol. 2, no. 1, p. 6, 2021.
M. Lina Karlina, Virdiansry Putratama, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengadaan Material Penugasan (Studi Kasus : PT. PLN (PERSERO) Pusharlis UWP III),” Ilm. Manaj. Inform., vol. 12, no. 2, pp. 1–70, 2020.
M. D. Fikry, “Implementasi Business Process Reengineering Untuk Meminimalisir Keluhan Pelanggan,” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2021.
R. Puspita, “Pengembangan Prototipe Aplikasi Community Aggregator Beskem dengan Pendekatan UCD Menggunakan Balsamiq Mockup dan Figma,” 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v6i1.14984
Refbacks
- There are currently no refbacks.