Usulan Layout Lantai Produksi Industri Mebel Menggunakan Systematic Layout Planning dan Simulasi

Didik Santoso(1*), Masri Pradipto(2), Rini Setiowati(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


PT Millenia Tata Aria adalah satu dari banyaknya perusahaan di indonesia yang bergerak pada industri furniture & interiors dengan jenis produksi berdasarkan pesanan (make to order). Penelitian ini berfokus pada proses perakitan sofa dengan jenis produk sofa bench. Permasalahan utama terdapat pada rancangan tata letak lantai produksi dimana terdapat fasilllitas produksi yang diletakkan berjauhan dan tidak memperhatikan tingkat kedekatan antar proses sehingga hal tersebut mengganggu aliran proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki tata letak lantai produksi guna memangkas jarak perpindahan serta meminimasi waktu produksi melalui pendekatan Systematic Layout Planning (SLP) untuk memperoleh tata letak baru serta melakukan evaluasi menggunakan simulasi Promodel. Perbaikan tata letak lantai produksi dengan pendekatan SLP didapatkan dua rancangan alternatif dimana alternatif pertama memiliki total jarak perpindahan sebesar 44 meter, sedangkan alternatif kedua memiliki total jarak perpindahan sebesar 50 meter dari total jarak perpindahan awal sebesar 114 meter. Perbedaan performansi dari hasil simulasi sistem antara alternatif pertama dan alternatif kedua tidak terlalu signifikan. Pada alternatif pertama memiliki rata-rata waktu produksi sebesar 348,20 atau mengalami penurunan sebesar 6,45% dengan waktu perpindahan sebesar 9 menit. Sedangkan pada alternatif kedua memiliki rata-rata waktu produksi sebesar 347,80 atau mengalami penurunan sebesar 6,56% dengan waktu perpindahan sebesar 11 menit. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberi solusi terkait masalah rancangan tata letak lantai produksi serta diharapkan dapat meminimasi pemborosan (waste) gerakan yang terjadi saat proses produksi berlangsung.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


P. Moegin, R. R. Riyadina, dan D. K. Sari, “Perbaikan Tata Letak Lantai Produksi Menggunakan Metode Simulasi dan Systematic Layout Planning untuk Meminimasi Waktu Produksi di PT. Lestari Teknik Plastikatama,” Jurnal Teknik Industri., Vol. 9, No. 3, pp. 136-144, 2019.

M. Siska, dan F. Sabri, “Rancang Ulang dan Simulasi Tata Letak Lantai Produksi Menggunakan Metode Pairwise Exchange di PT. Alam Permata Riau,” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri., Vol. 13, No. 2, pp. 249-257, 2016.

R. Muther, and L. Hales, Systematic Layout Planning. Fourth Edition. Georgia: Management & Industrial Research Publications, 2015.

D. Muslim, dan A. Ilmaniati, “Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Terhadap Optimalisasi Jarak dan Ongkos Material Handling dengan Pendekatan Systematic Layout Planning (SLP) di PT. Transplant Indonesia,” Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri., Vol. 2, No. 1, pp. 45-52, 2018.

I. Larasati, P. Moegin, dan S. Adisuwiryo, “Perbaikan Tata Letak Lantai Produksi untuk Meminimasi Waktu Produksi dengan Menggunakan Metode Simulasi pada PT. Argha Karya Prima Industry, Tbk,” Jurnal Teknik Industri., Vol. 8, No. 1, pp. 47-58, 2018.

H. Soesatyo, “Pengurangan Waktu Pengambilan Barang dengan Menggunakan Simulasi pada Gudang Sepeda di UD. X,” Jurnal Titra., Vol. 4, No. 1, pp. 55-62, 2016.

W. D. Oktavia, dan M. Mahachandra, “Usulan Perbaikan Tata Letak Area Produksi Pre Assembly Process (PAP) dengan Metode Systematic Layout Planning pada PT. XYZ,” Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada., pp. 55-60, 2020.

A. A. U. Nugeroho, “Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Pabrik Tahu dengan Metode Systematic Layout Planning,” Jurnal Optimasi Teknik Industri., Vol. 03, No. 02, pp. 65-69, 2021.

D. L. Trenggonowati, “Simulasi Sistem Proses Produksi di PT. Jakarta Cakratunggal Steel Mills,” Jurnal Ilmiah Teknik Industri., Vol. 4, No. 1, pp. 36-46, 2016.

W. I. Rahmadani, “Perancangan Ulang Tata Letak Gudang Menggunakan Metode Konvensional, Corelap, dan Simulasi Promodel,” Jurnal Optimasi Teknik Industri., Vol. 02, No. 01, pp. 13-18, 2020.

A. M. Rantung, P. Moegin, dan S. Adisuwiryo, “Usulan Perbaikan Tata Letak Lantai Produksi PT. Porter Rekayasa Unggul untuk Meminimasi Biaya Material Handling dan Waktu Produksi dengan Metode Pairwise Exchange dan Simulasi,” Junal Teknik Industri., Vol. 8, No. 2, pp. 145-158, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v4i1.11644

Refbacks