Analisis Produktivitas dan Beban Kerja Operator Produksi dengan Metode Work Sampling dan NASA-TLX di PT. Tokai Dharma Indonesia Plant II

Agus Sutiko(1*), Hadi Suprapto(2), Didi Zainuddin(3)

(1) Teknik Industri
(2) Program Studi Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Program Studi Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. Tokai Dharma Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan distributor korek api gas terbesar di Indonesia dengan merk korek Tokai. Efektivitas adalah merupakan derajat pencapaian output dari sistem produksi dan efisiensi adalah ukuran yang menunjuk sejauh mana sumber-sumber daya digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan output Work sampling secara umum dapat dikatakan sebagai suatu teknik dimana banyak dilakukan pengamatan-pengamatan instan dalam periode waktu dari suatu kelompok pekerja, mesin atau proses. Dan NASA-TLX merupakan metode yang digunakan untuk menganalisa beban kerja mental Dari hasil di atas maka kita dapat menganalisa hasil produktivitas dan beban kerja operator produksi di PT. Tokai Dharma Indonesia Plant II, dimana secara keseluruhan pekerja yang memiliki Persentase produktif tertinggi yaitu dengan jumlah 74% pekerja J (Fatma) Sedangkan pekerja dengan persentase terendah adalah pekerja C (Rizaldi Fadilah) dengan nilai 64%. Penyebab terjadinya produktivitas rendah yaitu karena adanya aktivitas mengobrol dan sering istirahat serta menunggu mesin berjalan. Untuk beban kerja mental paling tinggi yang di hitung menggunakan metode NASA-TLX adalah pekerja E (Haryadi) dengan skor rata-rata 72% yang berarti tinggi. Yang meyebabkan tingginya beban adalah karena karyawan terlalu banyak mengejar target serta beban material yang cukup berat Solusi untuk mengatasi beban kerja yang tinggi yaitu dengan menyesuaikan kemampuan fisik dan mental pekerja serta memberi pekerja kesempatan pekerja untuk mengembangkan karir dengan mengikutkan beberapa pekerja untuk melakukan pelatihan agar terbiasa dan dapat meningkatkan produktivitas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andriani, P. D., & Anugrah, B. (2017). Aplikasi Metode Work Sampling Untuk Menghitung Waktu Baku Dan Kapasitas Produksi Pada Industri Kramik. Jurnal Teknik Industri Vol.10(1)

Anggun, L., Hendy, T., & Filscha, N. (2018). Analisis Produktivitas Kasir Guna Menentukan Beban Kerja Menggunakan Work Sampling Pada Gerai Makanan Cepat Saji. Jurnal Teknik Industri. Vol.2(3).

Anton, M., & Haryono. (2015). Analisis Beban Kerja Fisik Dan Mental dengan Menggunakan Work Sampling dan NASA-TLX Untuk Menentukan Jumlah Operator. Jurnal Teknik Industri. Vol.3(5)

Apple, M. (2016). Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan Edisi Ketiga. Bandung : ITB Press.

Darmadi, (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan. Sleman : CV. Budi Utama.

Hayati, Z., & Adrian, A. (2019). Analisis Beban Kerja Mental Karyawan Menggunakan Metode NASA-TLX (Studi Kasus: PT. Universal Tekno Reksajaya Pekanbaru, Riau). Jurnal Teknik Industri. Vol.6(1).

Herdiansyah, T. Y., & Aulawi, H. (2018). Analisis Beban Kerja Untuk Menentukan Jumlah Kebutuhan Tenaga Kerja Divisi Administrasi Umum di PT. Indonesia Power Unit Jurnal Kalibrasi. Vol.16(2).

Huming, N. (2015). Manajemen Produksi Modern. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Jaka, R., Nurul, H., & Silvia, F. U. (2019). Analisis Beban Kerja Mental Pada Staf Unit Pelaksana Tekis Dengan Menggunakan Metode NASA TLX (Studi Kasus :Universitas Teknologi Sumbawa). Jurnal Teknik Industri. Vol.3(12).

Lestari, P., & Trisyulianto, E. (2018). Analisis Beban Kerja dan Kebutuhan Karyawan Direktorat Operasional Kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara VIII. Jurnal Manajemen dan Organisasi. Vol.9(3).

Mulyanti, D., Naza, N., & Aisyah, O. (2020). Pengukuran Beban Kerja Mental dan Fisik dengan Menggunakan Metode NASA Task Load Index. Jurnal: Teknik Industri. Vol.1(2).

Nur, F., & Ihwan, K. (2017). Tingkat Produktivitas Pekerja Penyungkil Kelapa Dengan Menggunakan Metode Work Sampling. Jurnal Teknik Industri. Vol.8(1).

Rahdiana, N., & Sukarman. (2021). Pengukuran Beban Kerja Mental Bagian Penjualan PT. Pindo Deli di Masa Covid-19 dengan Metode NASA-TLX. Jurnal Teknik Industri. Vol.23(1).

Rahmaniyah, D. A., & Irwan, I. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Kerja. Sleman : CV. Budi Utama.

Retno, W., Emmy, N., & Erlin, N. I. S. (2019). Analisis Beban Kerja Fisik dan Mental Petugas Cleaning Service Menggunakan Metode Work Sampling dan NASA-TLX Jurnal Teknik Industri. Vol.6(3).

Ricky, V. M. (2019), Analisis Produktifitas & Efisiensi, Jakarta : PT. Gramedia.

Rivianto (2014) Dalam Buku, Indiastandi Herdianto, (2015). Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rosidah (2015) Dalam Buku, Yano, N. B. (2019). ERGONOMI Dasar- dasar Studi Waktu & Gerakan Untuk Analisis & Perbaikan Sistem Kerja. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET.

Tohardi (2015) Dalam Jurnal, Hendy,T., Ruth, E. R., Fuji, R. W., & Glisina, D. R. (2019). Analisis Produktivitas Operator Kasir Menggunakan Metode Work Sampling: Studi Kasus Gerai Chatime Mangga Besar. Jurnal Teknik Industri. Vol.7(2).

Vera, M. A. (2016). Analisa Beban Kerja Operator Inspeksi Dengan Metode NASA-TLX (TASK LOAD INDEX) DI PT. XYZ. Jurnal Teknik Industri. Vol.7(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/joti.v3i2.10026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.