MOTIVASI DAN PERSEPSI MAHASISWA PADA KEWIRAUSAHAN SEBAGAI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Hardian Mursito(1*)

(1) Unindra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian membahas pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi mahasiswa pada kewirausahaan terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan analisis korelasi dan regresi, data tentang motivasi berprestasi dan persepsi mahasiswa diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar menggunakan kisi-kisi dan soal. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara prposional dan random dengan jumlah sampel 60 mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh adalah: Terdapat pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi mahasiswa pada kewirausahaan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada kewirausahaan. Terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar pada kewirausahaan. Terdapat pengaruh persepsi mahasiswa pada kewirausahaan terhadap prestasi belajar pada kewirausahaan. Dari hasil tersebut menunjukan motivasi mahasiswa secara maksimal akan memperoleh tingkat pencapaian prestasi belajar sedangkan persepsi mahasiswa pada kewirausahaan mampu mendorong mahasiswa mencapai kemampuan pengetahuan kewirausahaan


Keywords


motivasi berprestasi, persepsi, prestasi belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asfiatul, F. (2013). Pengaruh Pendidikan & Pelatihan, Prestasi Belajar Kewirausahaan terhadap Sikap Kewirausahaan Peserta didik SMK N 1 Cerme. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1, 173–184.

Atmaja T.A & Margunani. (2016). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN AKTIVITAS WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 5 (3), 774–787.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5, 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Febianti, Y. N., & Joharudin, M. (2017). FAKTOR-FAKTOR EKSTERN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5, 76–88. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.246

Haryani, R., & Tairas. (2014). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Dan Perkembangan, 3 No 1, 30–36.

Iriawan S, A. (2013). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERBANKAN SYARI ’ AH ( STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNISNU JEPARA ) Shalihul Aziz Widya Iriawan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Email : aziz.widya85@gmail.com. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13 No1, 82–93. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jdeb.v13i1.396

Novauli. M, F. (2015). KOMPETENSI GURU DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA SMP NEGERI DALAM KOTA BANDA ACEH. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3 No 1, 45–67.

Pinaryo. (2016). PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO TERHADAP PROGRAM KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA. ARISTO, 2(2), 53–66. https://doi.org/10.24269/ars.v2i2.22

Purnomo, M. (2015). DINAMIKA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN: PEMETAAN SISTEMATIS TERHADAP PENDIDIKAN, PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Dinamika Manajemen, 6 No 1, 97 120. https://doi.org/10.15294/jdm.v6i1.4300

Rahmadani, R., Suwatno., Machmud, A. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN(ENTREPRENEURSHIP EDUCATION) DI PERGURUAN TINGGI NEGERI KOTA BANDUNG. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 5 No 1, 47–53. https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.9522

Rosmiati, R., Junias, D. T. S., & Munawar, M. (2015). SIKAP, MOTIVASI, DAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17 No 1, 21–30. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.21-30

Sari, N. E., & Habsari, N. T. (2016). PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BER-ENTREPRENEUR. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 4 No 2, 135–143. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v4i2.654

Sujarwo. (2013). Motivasi Berprestasi sebagai Salah Satu Perhatian dalam Memilih Strategi Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 4 no 2, 33–44.

Susilaningsih, S. (2015). PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI: PENTINGKAH UNTUK SEMUA PROFESI? Jurnal Economia, 11 No 1, 1–9. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748

Yuniawatika,& Nuraeni, Sakinah, Luh, N. (2016). Pengaruh Pembelajaran Strategi REACT terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PGSD tentang Koneksi Matematis. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1 No2, 99–105. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p100




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v7i1.7736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.