CUSTOMER SATISFACTION INDEX PENGGUNA BUS TRANSJAKARTA (STUDY KASUS KORIDOR 7 KAMPUNG RAMBUTAN KAMPUNG MELAYU)
(1) 
(2) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(3) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna transportasi umum Trans Jakarta Koridor 7 dengan rute kampung Rambutan sampai dengan Kampung Melayu dengan menggunakan CSI atau Customer Sasifaction Index. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang terdiri dari pengguna Trans Jakarta dan petugas Trans Jakarta pada Koridor 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Weight Score(WS) yang didapat dari perkalian antara Weight Factors (WF) dengan rata-rata tingkat tingkat kepuasan Mean Satisfaction Score(MSS) adalah sebesar 4,978 yang berarti sangat setuju dengan indikator penilaian tingkat kepuasan. Sedangkan hasil keseluruhan dari langkah-langkah perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) didapat hasil akhir sebesar 73,22 % yang berarti puas.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggraini, L.D., P. Deoiranto, & Ikasari. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Jurnal Industri , Vol 4 No 2: 74-81.
Darus, M.D, & Mahalli, K. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan Di bandar Udara Internasional Kualanamu. Jurnal Ekonomi dan Keuangan , 3(6)-14857.
Firdaus, M.A & Yudhawati, D. (2018). Mengukur Kepuasan Mahasiswa Dengan IPA. Journal Inovator, 69-89.
Handriati, A.A., Sunaryo, S. & Helia, V.n . (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Konsumen dengan menggunakan Metode SERVPERF, IPA, CSI. Journal Teknoin, 21(4).
Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kurniati, E., Silvia,E. & Efendi, Z. (2016). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kue Baytat Bengkulu. Jurnal Teknologi dan Industri pertanian Indonesia, 8(2), 67-75.
Lovelock, C. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Index.
Lupiyoadi. (2014). Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Maiyanti, S.I,Irmeilyana,& Verawaty . (2010). Applied Customer Satisfaction Index (CSI) And Importance Performance Analysis (IPA) to Know Student Satisfaction Level of Sriwijaya University Lybrary Service. Jornal UMM SMatematik, 7-18.
Rahman. (2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix. Jakarta: Trans Media.
Sinnun, A. (2017). Analisis Kepuasan LMS Berbasis Web dengan metode Servqual, IPA, CSI,. Jurnal Informatika, 4(1).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaeman. (2015). Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Study kasus pada Charly VTH Family Karaoke Cabang Garut . Juornal Maranatha Bandung, 50-63.
Swasta, B. (2010). Manajemen Pemasaran; Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, C. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.
Utami, A. A. (2020). Analisis Strategi Penetapan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ojek Online PT Gojek Indonesia. JABE (Journal Of Applied Business and Economic), 6(2) 137-156.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i4.6430
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.