PERANCANGAN PENGEMBANGAN PRODUK AIR MINERAL DALAM KEMASAN (AMDK) MERK “XYZ” 600 ML BERDASARKAN MODEL KANO DAN DIMENSI KUALITAS GARVIN

dian jingga permana(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Fakultas Teknik Industri
(*) Corresponding Author

Abstract


Di wilayah perkotaan kebutuhan air minum yang berkualitas dan layak di komsumsi menjadi masalah, namun permasalahan ini menjadi peluang bisnis untuk memenuhi kebutuhan akan air minum yang layak. Perusahaan harus terus meningkatkan kualitas produk di tengah persaingan yang ketat dan tujuan penelitian adalah mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan produk AMDK merek “XYZ” berdasarkan metode Kano. penelitian Kuantitatif ini dilakukan di lingkungan Universitas XBG dengan menggunakan Metode teori Model Kano (1984) dan tabel evaluasi Kano oleh David Walden (1993). Perancangan kuesioner menggunakan delapan dimesi kualitas Garvin (1984) kategori barang. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada lima nilai koefisien tertinggi yang hampir seluluh atribut yang terdapat dalam dimensi kualitas kriteria Aestetika dan berdasarkan tabel evaluasi Kano maka 20 atribut kualitas dikelompokan menjadi : kategori Must-be terdapat delapan atribut kualitas, Kategori Indefferent terdapat tujuh atribut kualitas, Kategori Attractive terdapat tiga atribut kualitas dan Kategori One-dimensional terdapat dua atribut. Kesimpulan yang diperoleh bahwa usulan perbaikan kualitas atribut produk dalam proses perancangan dan pengembangan produk AMDK merek “XYZ” terdapat pada: Kategori Attractive terdapat tiga atribut dan Kategori One-dimensional terdapat dua atribut.


Keywords


Pengembangan Produk, Model Kano dan Dimensi Kualitas Garvin

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arunkumar, G., & Dillibabu, R. (2016). Design and Application of New Quality Improvement Model : Kano Lean Six Sigma for Software Maintenance Project, 997–1014.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1–17.

Desanto, T. M. J., Mandey, S. L., & Soepeno, D. (2018). Analisis Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Aqua Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 1898–1907.

Dewi, A. M., & Puspitasari, N. B. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma pada Produk AMDK 240 Ml PT. Tirta Investama Klaten. Industrial Engineering Online Journal, 7(4). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/22980

Garvin, D. A. (1984). What Does “hltoduct Quality” Really Mean. Sloan management review.

Lestiani, M. E. (2011). Faktor-Faktor Dominan Promosi Yang Mempengaruhi Motivasi Konsumen Dalam Membeli Suatu Produk Dengan Menggunakan Metode Ahp. Industri Elektro Penerbangan (INDEPT), 1, 15–20.

Matzler, K., Bailom, F., Sauerwein, E., & Hinterhuber, H. H. (1996). How to delight your customers. Journal of Product & Brand Management, 5(2), 6–18.

Maulana, I., & Permana, D. J. (2019). Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Bakso Berdasarkan Model Kano di CV Mett Ball Foods. Jurnal Optimasi Teknik Industri (Vol. 1).

Maulia R, E., Matondang, A., & Ginting, R. (2013). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Model Kano Serta Aplikasi Quality Function Deployment (Qfd) Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Jasa Perbankan. Jurnal Teknik Industri USU, 1(2), 1–7.

Nugroho, N. T. (2015). Kata Kunci: kualitas,produk, harga, promosi, keputusan, pembelian. Cakrawala Pendidikan, 2(2), 248–256.

Nurjannah, A., & Purnomo, H. (2018). Rancangan Desain Produk Setrika Pegas Menggunakan Metode Kano. Teknik, 39(1), 9.

Qiting, P., Uno, N., & Kubota, Y. (2011). Kano Model Analysis of Customer Needs and Satisfaction at the Shanghai Disneyland, 1–9.

Sidiq, R., & Purnomo, H. (2017). Desain spatula ergonomis menggunakan pendekatan model kano. Teknoin, 22(7), 524–533.

Sumarwan, U. (2014). Model Keputusan Konsumen. Perilaku Konsumen, 5, 1–41.

Tias Widiaswara dan Sutopo. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Club di Semarang). Journal of Management, 6(4), 1–15.

Walden, D. (1993). Center For Quality Of Management From the Chairman of the Editorial Board Introduction to Kano ’ s Methods, (617).

Wibawa, G. P., Akadun, A., & Sudrajat, A. R. (2018). Pengawasan Penggunaan Air Tanah di Wilayah Perkotaan Kabupaten Sumedang. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 8(2), 147.

Wu, C.-T., Wang, M.-T., Liu, N.-T., & Pan, T.-S. (2015). Developing a Kano-Based Evaluation Model for Innovation Design. Mathematical Problems in Engineering, 2015, 1–8.

Yahrial, E. S., Uzuki, H. S., Chvaneveldt, S. J. S., & Da, M. M. A. S. U. (2018). Customer Perceptions of Mediating Role of Ownership Cost in Garvin ’ s Dimensions of Quality, 69(2), 95–112.

Yulia, S., Zaini, M., & Andriana, A. N. (2018). Analisis Penerapan Pengendalian Mutu Terhadap Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Pada PT. Sabina Tirta Utama di Samarinda. EJournal Administrasi Bisnis, 6(3), 1105–1116.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i4.6424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.