ANALISIS STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA OJEK ONLINE PT GO-JEK INDONESIA

Ai Annisa Utami, M.Sc(1*), Zahrudin zahrudin(2), Sarah Ramadhanti(3)

(1) 
(2) universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

 

               This study aims to determine the pricing strategy used by PT. Go-Jek Indonesia to the consumer's decision to use the services of the online motorcycle taxi. The method used in this research is qualitative. This research uses purposive sampling and snowball sampling. The population in this study consisted of social situations represented by online motorcycle taxi drivers, conventional motorcycle taxi drivers and online motorcycle taxi users. Based on the results of the study it can be concluded that the pricing strategy adopted by Go-Jek is the strategy of positioning consumer services through prices provided by Go-jek with three main pillars namely speed, innovation, and social impact. Go-Jek positions consumer services through pricing with a satisfaction-based pricing, relationship pricing and efficienty pricing approach. With the expectation that the outcome obtained will be the market leader compared to other similar companies

Keyword : Pricing Strategy. Consumer Decision

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penetapan harga yang digunakan oleh PT. Go-Jek Indonesia terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa ojek online tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling . Populasi dalam penelitian ini terdiri dari social situation yang diwakili oleh driver ojek online, ojek konvensional, dan pengguna ojek online. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi penetapan harga yang dilakukan Go-Jek  yaitu strategi memposisikan layanan jasa konsumen melalui harga yang diberikan Go-jek dengan tiga pilar utama yaitu kecepatan, inovasi, dan berdampak social. Go-Jek memposisikan layanan jasa konsumen melalui penetapan  harga dengan pendekatan satisfaction-based pricing, relationship pricing dan efficienty pricing. Dengan harapan outcome yang diperoleh menjadi  market leader dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis.

Kata Kunci : Strategi Penetapan Harga. Keputusan Konsumen

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Assauri. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kanuk, S. d. (2004). Perilaku Konsumen.Edisi 7. Jakarta: Prentice Hall.

Kotler. (2005). Manajamen PemasaranJilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. a. (2009). Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran (Edisi Indonesia). Jakarta: Erlangga.

Olson, P. d. (2000). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Payne. (2002).

Pranoto. (2008). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kendaraan Bermotor”. JurnalIlmiahFaktor Extra Volume 1 No. 2. , 68-82.

Rahman. (2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix. Jakarta: Trans Media.

Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B. (2009). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono. (2014). PemasaranJasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian Andi Offset. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i2.5249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.