ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DAERAH SUKU DINAS PELAYANAN PAJAK JAKARTA SELATAN

Wening Estiningsih(1*), heri nurranto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Peran Jakarta sebagai kota megapolitan yang modern dizaman sekarang dapat menumbuhkan persaingan bisnis dikalangan usaha-usaha ekonomi kreatif. Jika bisnis usaha tumbuh dan berkembang dengan cepat akan meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga kemampuan masyarakat sebagai konsumen objek-objek bisnis tersebut akan meningkat, secara dampak langsung penerimaan pajak pun akan meningkat. Sehingga kontribusi yang diberikan pajak terhadap pendapatan daerah akan cukup besar., banyak indikator sumber pajak daerah , pajak restoran memiliki kontribusi yang cukup bear dalam menyuplai pendapatan daerah mengingat banyak berjamurnya restoran-restoran komeria. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis efektivitas dan kontribusi penerimaan pajak restoran terhadap penerimaan pajak daerah Suku Dinas Pelayanan Pajak Jakarta Selatan. Restoran merupakan sektor potensial dalam meningkatkan efektivitas penerimaan pajak restoran dan kontribusi yang diberikan oleh restoran dapat memacu pembangunan ekonomi di Jakarta Selatan. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menganalisa data realisasi pajak restoran.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Kontribusi Pajak Restoran, Pajak Daerah.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i2.4932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.