PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PT LILI KONSULTAN LOMBOK

Adi Artino(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Komunikasi pada perusahaan konsultan memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Peran komunikasi sangat vital dalam suatu perusahaan, maka harus mendapatkan tanggapan yang serius dari para pemangku kebijakan agar dapat bersaing dan meningkatkan produktivitasnya. Bauran komunikasi pemasaran sebagai media rangsangan yang dilakukan perusahaan untuk menarik perhatian konsumen, dimana suatu rangsangan merupakan suatu unit yang merangsang satu atau lebih panca indra diantaranya penglihatan, penciuman, rasa, sentuhan, dan pendengaran. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen mengenai bauran komunikasi pemasaran. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dengan sample survey, dengan jumlah responden sebanyak 60 responden. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuisioner. Serta dibantu dengan teknik observasi dan wawancara untuk penyempurnaan data yang dibutuhkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan hasil bahwa kelima bauran komunikasi pemasaran meliputi periklanan, pelayanan informasi perseorangan, promosi pelayanan, pemasaran online dan word of mouth memiliki persepsi yang positif. Pelayanan informasi perseorangan memiliki persepsi yang sangat positif karena nilai rata-rata dan penjumlahan (sum) yang paling tinggi untuk kategori jawaban setuju.

 


Keywords


Bauran Komunikasi Pemasaran, Persepsi Konsumen

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kanuk, L. S. (2009). Prilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Jakarta: PT INDEKS.

Keller, P. K. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: PT INDEKS.

Putra, A. I. (2010). Analisis Pengaruh Advertasing, Personal Selling, dan Sales Promotion Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Adek Cell Padang. Padang: Fakultas Ekonomi UPI.

Ratna, D. (2010). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Tingkat Hunian Kamar Hotel Melati di Kabupaten Sumbawa Barat. Mataram: Program Pascasarjana, Magister Manajemen, Universitas Mataram.

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: kencana prenada Media Group.

Sunyoto, D. (2012). Dasar - Dasar Manajemen Pemasaran: konsep, stretegi, & Kasus. Yogjakarta: CAPS.

Susilowati, C. (2011). Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam menggunakan Kartu IM3 Melalui Motivasi Konsumen ( Studi pada pengguna IM3 di Malang ) . Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i2.4510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.