Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan T Primavista Solusi

Widiyarini Widiyarini
Zeny Fatimah Hunusalela

Abstract


Persaingan dalam dunia bisnis mulai meningkat, baik bisnis yang bergerak dibidang manufaktur maupun jasa. Kemampuan perusahaan untuk unggul melawan kompetitornya akan menentukan perusahaan mana yang tetap menjadi pilihan pasar dan mana yang harus gulung tikar.PT PRIMAVISTA SOLUSI memerlukan manajemen strategi yang baik untuk dapat mencapai target yang telah ditentukan. Perumusan strategi yang sesuai untuk PT PRIMAVISTA SOLUSI  dilakukan melalui tiga tahap, tahap pertama adalah tahap input menggunakan matriks EFE (External Factor Evaluation) dan matriks IFE (Internal Factor Evaluation). Tahap kedua adalah tahap pencocokan (matching stage) menggunakan matriks Grand Strategy dan matriks SWOT. Tahap ketiga adalah tahap keputusan (decision stage) menggunakan pendekatan Pairwise Comparison.Dari tahap pencocokan didapat 3 alternatif strategi, yaitu alternatif strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. 3 alternatif strategi tersebut dipilih bobotnya paling tinggi yaitu strategi pengembangan pasar dan pengembangan produkdengan score 0,4561. Sehingga diharapkan dari rancangan strategi tersebut perusahaan dapat mencapai target penjualan yang telah ditentukan.


Keywords


Grand Strategy, SWOT, pairwise comparison

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adnyana, R., & Darma, G. S. (2015). STRATEGI MARKETING MIX, YIELD MANAGEMENT, CUSTOMER SATISFACTION AND OCCUPANCY RATE . Jurnal Manajemen dan Bisnis , 98-121.

Andreani, F. (2007). EXPERIENTIAL MARKETING (SEBUAH PENDEKATAN PEMASARAN) . JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN , 1-8.

Baroto, T., & Purbohadiningrat, C. (2014). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PPOB KIPO MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QSPM. Jurnal Teknik Industri , 88-102.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

David, F. R. (2009). Strategic Management. New Jersey: Prentice Hall.

Effendi, M., Setyorini, H., & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri , 46-53.

Febrianti, O. V., & K, M. S. (2014). Usulan Alternatif Strategi PT. X Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) . E- Journal Graduate Unpar , 1-12.

FRETES, R. A., Santoso, P. B., Soenoko, R., & Astuti, M. (2013). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Industri Pariwisata Dengan Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus Kecamatan LeitimurSelatan Kota Ambon). Jurnal Rekayasa Mesin , 109-108.

Putri, N. E., Astuti, R., & Putri, S. A. (2016). PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN RESTORAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS) (STUDI KASUS RESTORAN BIG BURGER MALANG) . Jurnal Industria , 93-106.

Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2008). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran ( studi McDonald’s Ring Road ) . Sistem Informasi .

Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suci, R. P. (2009). Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN , 46-58.

Sugianto, C. A., & Hongdiyanto, C. (2017). PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE QSPM PADA BISNIS SAMBAL NOESANTARA . PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis , 106-115.

Widianti, T., & Damayanti, S. (2015). ANALISIS SWOT: STRATEGI PENGEMBANGAN KELOMPOK PENELITIAN . AMTEQ , 250-260.

Yin, K. R. (1996). Case Study Research Design and Methods. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i4.4186

Article metrics

Abstract views : 16 | Full Text views : 18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.