Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Bank Titil

Ahmad Sauqi(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Bank Titil Di Kecamatan Sukorambi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan kualitas pelayanan yang terdiri dari Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles terhadap  keputusan nasabah untuk menggunakan jasa Bank Titil di Kecamatan Sukorambi. Penelitian berjenis Causal Research dengan pendekatan kuantitatif ini dilakukan diwilayah Kecamatan Sukorambi Jember yang meliputi 3 Desa yaitu Desa Sukorambi, Desa Karangpring dan Desa Klungkung. Sampel yang digunakan sejumlah 30 responden.Uji analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, modus, regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa item kuisioner yang diisi responden adalah valid, nilai cronbach`s alpha sebesar 0,746 yang artinya lebih besar dari 0,60 maka daftar pertanyaan yang diuji dalam penelitian ini adalah reliabel. Uji t menunjukkan variabel Tangibles (X1) dan Assurance (X4) berpengaruh signifikan, variabel Reliability (X2), Responsiveness (X3), dan Emphaty (X5) tidak berpengaruh signifikan. Pada Uji f menunjukkan fhitung > ftabel yang artinya secara simultan 5 variabel tersebut berpengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil riset dapat disimpulkan bahwa penampilan dan pelayanan yang prima membuat pelanggan tertarik kepada jasa bank titil.


Keywords


Kualitas, Layanan, Bank, Titil, Sukorambi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Badri, S. (2012). Implikasi Operasional Bank Keliling Terhadap Eksistensi Koperasi Pengusaha Batik Tembayat Kecamatan Bayat-Klaten. Jurnal Orasi Bisnis, 27-36.

Bank Mandiri. (2017, Februari 12). bankmandiri. Diambil kembali dari www.bankmandiri.co.id: http://www.bankmandiri.co.id/ resource/sbdk.asp

F Engel, J. (2010). Perilaku Konsumen Jilid 1 Edisi Terjemahan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ghozali, I. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Edisi kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Z. A. (2007). Metodologi Penelitian Dalam Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Depok: Fasilkom Universitas Indonesia.

Indriantoro, N. d. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen Cetakan Ke IV. Yogyakarta: BPFEY.

Khittah. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Salon Kecantikan Di Kecamatan Kota Pada Kabupaten Jember. Tesis. Jember: Program Pasca Sarjana Universitas Jember.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 & 2 Edisi Terjemahan Oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Riduan, A. R. (2013). Cara Mudah Belajar SPSS 17.0 Dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sarwono, J. (2009). Statistik itu Mudah, Panduan Lengkap Mengajar. Yogyakarta: Andi Offset.

Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. Jakarta: PT.Gramedia.

Tjiptono, F. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i3.3447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.