Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota Perpustakaan STIE Mandala Jember

Hayatul Maspufah(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan mutu kualitas layanan perpustakaan terhadap kepuasan anggota perpustakaan STIE Mandala Jember. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui kuisioner yang diisi oleh anggota perpustakaan. Tehnik pengambilan sampel menggunakan random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden, alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan Uji hipotesisnya menggunakan Uji F dan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak semua variabel kualitas layanan terbukti signifikan, terdapat tiga variabel yang tidak signifikan yaitu variabel keandalan, jaminan dan Empati, sedangkan  variabel daya tanggap  dan  bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota perpustakaan. Hasil Penelitian ini diharapkan akan menghasilkan formulasi strategi dalam peningkatan kualitas layanan perpustakaan STIE Mandala Jember, dalam upaya meningkatkan kepuasan terhadap anggotanya.


Keywords


Kualitas Layanan, Kepuasan Anggota

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang, Jawa Tengah, Indonesia: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol (Vol. 1). Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: PT. Prenhallindo.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis (4 ed.). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: CV. Alphabet.

Supranto, J. (2004). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

Sutarno, S. N. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Sagung Seto.

Tjiptono, E. (2005). Pemasaran Jasa (1 ed.). Yogyakarta, Jawa Tengah, Indonesia: Penerbit Andi.

Tjiptono, E. (2007). Pemasaran Jasa. Malang, Jawa Tengah, Indonesia: Bayumedia Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i3.3446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.