Peran Pemasaran dalam Kegiatan Usaha pada Masyarakat di Desa Jatibaru, Cikampek

Fadli Rasam

Abstract


Pemasaran merupakan faktor penting dalam perkembangan perusahaan. Pemasaran yang baik dilakukan lewat produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place), dan promosi (promotion). Kurangnya pengetahuan terhadap selera konsumen yang berubah-ubah atau dinamis, serta tidak efektifnya strategi pemasaran yang diterapkan akan berdampak kurang baik pada pencapaian target pasar. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah ingin memperoleh jawaban secara empirik dan mengetahui Peran Pemasaran dalam Kegiatan Usaha pada Masyarakat di Desa Jatibaru, Cikampek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sesuai dengan fokus penelitian, maka untuk mendapatkan data peran pemasaran sumber datanya diperoleh dari informan melalui angket dan wawancara. Ditinjau dari segi produk (produc), bahwa produk yang dinginkan masyarakat adalah produk yang sesuai kebutuhan masyarakat, berkualitas, memiliki desain yang menarik, produk yang dihasilkan ramah lingkungan, dan mudah diingat masyarakat. Ditinjau dari segi harga (price), masyarakat menginginkan harga yang sesuai dengan kualitas, tejangkau setiap lapisan masyarakat, dan harga mampu bersaing. Ditinjau dari tempat (place) masyarakat menginginkan produk yang akan dibeli mudah didaptkan, mudah diakses, jangkauan tempat terbatas. Ditinjau dari promosi, masyarakat menginginkan pemasaran dilakukan dengan cara bagaimana peran pemerintah dalam mempromosikan sebuah produk, door to door, secara online dan personal selling.


References


Assauri, Sofjan. (2011). Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-11. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Dhotre, Meenal. (2010). Channel Management and Retail Marketing. Mumbai, INDIA: Global Media.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Levy, Michael& Weitz, Barton.A. (2009). Retailing Management.7th.ed. McGraw-Hill: New York

Machfoedz. (2005). Pengantar Pemasaran Modern. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Unit Penerbit & Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Molan, Benyamin. (2007). Managemen pemasaran, edisi keduabelas, jilid 1. PT. Indeks

Saladin, Djaslim. (2006). Managemen Pemasaran. Edisi keempat. Bandung: Linda Karya

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: ANDI

Chamhuri,N& Batt.P.J.(2009). Factors influencing consumers’ choice of retail stores for fresh meat in Malaysia. Journal of Marketing and Logistics. Hlm. 331-348

Christian A.D Selang. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 71-80

Karnawati, Tin Agustina& Hamzah,Lilik Nur. (2008). Analisis Pengaruh Strategi Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Eceran Tradisional Kepanjen Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi ASIA. Vol. 3

Mamuaya, Nova.C.I. (2008). Pengaruh Variabel-Variabel Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Supermarket Kota Manado. Jurnal FORMAS. Hlm. 29-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i2.3341

Article metrics

Abstract views : 5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.