Word of Mouth pada Merek Planet Ban

Renaldi Akbar(1), Egi Arvian Firmansyah(2*)

(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Sepeda motor merupakan kendaraan yang diminati oleh sebagian besar orang di Indonesia dalam menjalankan mobilitas sehari-hari baik itu untuk bekerja, berlibur, sekolah sampai aktifitas bisnis. Semua ini merupakan peluang yang dimanfaatkan oleh pengusaha-pengusaha ban untuk mengeluarkan produk-produk yang berkualitas dan bentuk dengan tujuan untuk menarik minat masyarakat sebagai konsumen. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat word of mouth pada Planet Ban cabang Moh Toha Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data penelitian deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil kuisioner kemudian diolah, dihitung dan hasilnya disajikan mengikuti garis kontinum untuk mengetahui keadaan atau tingkat word of mouth. Hasil penelitian menunjukan bahwa word of mouth secara keseluruhan dinilai cukup berjalan baik dengan rata-rata skor 67.12%. Hal ini menunjukan bahwa Planet Ban Cabang Moh Toha Kota Bandung mampu memberikan citra yang baik dimata konsumen.  


Keywords


Word of mouth, planet ban, WoM

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Basri, N. H., Ahmad, R., Anuar, F., & Ismail, K. A. (2016). Effect of Word of Mouth Communication on Consumer Purchase Decision : Malay Upscale Restaurant. Asian Journal of Quality of Life Vol 1, Vol 222, Pages 324-331.

Febyanto, H. (2015). Komunikasi Word of Mouth dan Keputusan Pembelian (Studi Eksplanasi Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kaos Ngartun di Kota Yogyakarta. e-journal uajy, 1-13.

Listiyani, Y., & Oktaria, V. (2013). Pengaruh Produk, Kualitas Layanan dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di De Boliva Signature Sutos. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol 1, No 2.

Lotulung, S. C., Lapian, J., & Moniharapon, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan WoM Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercross Pada CV. Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Akuntansi, Vol 3, No 3.

Nughraha, F. A. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi pada konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekarno Hatta Nomor 1-2 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 22, No 1.

Rahayu, P. (2014). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartfren Andromax (Studi pada mahasiswa kampus Ketintang Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Vol 2, No 1.

Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Marketing How Smart Companies Get People Talking. Austin, Texas: Greenleaf Book Group Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i4.3231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.