Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan dan Efektivitas Strategi Operasional pada Firma Hukum MAP

Aisyah Pia Asrunputri(1*)

(1) Alumni Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berfokus pada bagaimana firma hukum MAP memenuhi ekspektasi kliennya mengenai pelayanan berdasarkan dimensi SERVQUAL. Penelitian ini juga mengevaluasi efektivitas dari strategi operasional firma hukum MAP. Peneliti menggunakan focus group discussions dan in-depth interview untuk memperoleh data penelitian ini. Berdasarkan penemuan dari penelitian ini firma hukum MAP telah memenuhi ekspektasi klien serta pelayanan hukum yang telah diberikan oleh firma hukum MAP juga sudah memuaskan. Firma hukum MAP dinilai telah sukses mengimplementasikan strategi operasional yakni dengan menggunakan strategi waste elimination yang mana membantu firma hukum MAP untuk menghadapi tantangan bisnis dalam sehari-harinya. Namun terdapat beberapa perbaikan yang perlu dibuat yakni dengan meningkatkan performa pelayanan dengan mengimplementasikan CRM dan juga dengan melakukan benchmarking.


Keywords


SERVQUAL, Waste Elimination, CRM

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Shahin, A. (2010) Servqual.

Thomson Reuters (2014) An Introduction to Lean Six Sigma As Applied to the Law Firms.

TG Mulia (2011) Bab II: Tinjauan Pustaka [Online] http://e-journal.uajy.ac.id/2040/3/2TS12807.pdf, [Akses Terakhir: 20 April 2016]

A. Parasuraman, et al (1988) Servqual: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality [Online] http://areas.kenanflagler.unc.edu/Marketing/FacultyStaff/zeithaml/Selected%20Publications/SERVQUAL-%20A%20Multiple- Item%20Scale%20for%20Measuring%20Consumer%20Perceptions%20of%20Service%20Quality.pdf

A. Shahin (2010) Servqual [Online]. http://www.proserv.nu/b/Docs/Servqual.pdf

[Akses Terakhir: 20 April 2016]

Thomson Reuters (2014) An Introduction to Lean Six Sigma As Applied to the Law Firms [Online]. https://info.legalsolutions.thomsonreuters.com/signup/newsletters/practice-innovations/2014-oct/article4.aspx. [Akses Terakhir: 20 April 2016]




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i1.3161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. situs toto

situs toto

bo togel terpercaya

situs togel

sbobet

Lunasin Utang Modal Maxwin di Mpo8821

togel 4d situs toto toto slot toto togel situs toto bandar togel toto slottogel online toto slot
toto togel slot88 slot88 togel

unsurtoto

slot gacor

bandar togel

zeus slot slot gacor

slot gacor

togel 4d

bandar togel resmi

markisa4d

Situs king138

login devil138

togel 4d
situs togel

toto 4d

slot88

situs toto

slot88

situs togel

dbltoto

slot

toto slot

omtogel

situs toto

rans4d

situs toto

slot thailand

situs toto

slot88 luxury89 situs toto bosjp bosjp bosjp istana911 situs toto toto togel

slot gacor

slot gacor
slot gacor toto Devil138 Slot Devil138 Daftar Devil138 Daftar

Demo Slot