Pengaruh Capital dan Lingkungan Kerja terhadap Loyalitas Dosen yang Dimediasi Kepuasan Kerja: Studi Kasus Dosen Universitas Budi Luhur
(1) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
(*) Corresponding Author
Abstract
Perusahaan yang mampu bertahan, bersaing dan berkembang membutuhkan karyawan yang mempunyai ketrampilan dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan agar mampu melaksanakan pekerjaan secara maksimal. Perkerjaan akan menjadi lebih efektif dan efisien dengan dukungan lingkungan kerja yang kondusif. Pengelolaan human capital diperlukan untuk menciptakan kepuasan karyawan yang pada akhirnya karyawan menjadi loyal. Karyawan yang loyal merupakan aset yang perlu dipertahankan untuk mencapai tujuan organisasi dan karyawan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran human capital dan lingkungan kerja dalam menciptakan loyalitas kerja yang dimediasi oleh kepuasan karyawan dengan studi kasus dosen tetap Universitas Budi Luhur. Sampel sejumlah 80 responden diambil dari dosen yang aktif mengajar pada semester genap 2016/2017. Analisa data menggunakan path analysis atau analisis jalur Hasil penelitian ini menemukan bahwa human capital dan lingkungan kerja memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja selanjutnya terdapat hubungan positif dan signifikan antara human capital, lingkungan dan kepuasan kerja terhadap loyalitas dosen. Lingkungan kerja memberi pengaruh yang paling besar terhadap loyalitas dosen. Hasil peneltian ini diharapkan dapat memberi informasi pihak manajemen bahwa human capital, lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap loyalitas karyawan sehingga bisa dilakukan upaya-upaya untuk mengelola human capital dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif agar tercapai kepuasan kerja sehingga tercipta loyalitas dosen.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Al-Hamdan, Zaid, RN., Milisa Manojlovich, Banerjee Tanima. 2017. Jordanian Nursing Work Environments, Inten to Stay and Job Satisfaction
Allen, N.J. and Grisaffe, D.B. (2001), “Employee Commitment To The Organization And Customer Reactions Mapping The Linkages”, Human Resource Management Review, Vol. 11, Pp. 209-36.
Armstrong M . 2012, A Handbook of Human Resource Management Practice, Published by Kogan Page Limited United Kingdom, 2012, hal. 29
Bontis, N., & Serenko, A. (2009). A Causal Model Of Human Capital Antecedents And Consequences In The Financial Service Industry. Journal of Intellectual Capital, 10(1), 391-401.
Burr, R. and Girardi, A. 2002. “Intellectual Capital: More than The Interaction of Competence x Commitment” dalam Australian Journal of Management, Vol, 27.
Elisaveta Gjorgji Sardzoska, Thomas Li-PingTang. 2012. Work-Related Behavioral Intentions in Macedonia: Coping Strategies, Work Environment, Love of Money (LOM), Job Satisfaction, and Demographic Variables. J Bus Ethics (2012) 108:373–391. DOI 10.1007/s10551-011-1096-2
Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta
Hooi Lai Wan. 2007. Human Capital Development Policies: Enhancing Employees’ Satisfaction. Journal of European Industrial Training Vol.31 No.4, 2007 pp. 297-322
Jac Fitz-enZ. 2009. HUMAN CAPITAL Measuring the Economic Value of Employee Performance
Kazemzadeh, R.B. and Bashiri, M. (2005), “Determination Of Critical Factors On Employee Satisfaction–A Case Study On A Financial Institute”, Proceedings of the IEEE International Engineering Management Conference, Vol. 1, September, pp. 16-20.
Mangkunegara. Anwar Prabu 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Masum, Abdul Kadar Muhammad., Md.Abul Kalam Azad, Loo-See Beh. 2015. Determinants of Academics' Job Satisfaction: Empirical Evidence from Private Universities in Bangladesh. PLOSONE/doi:10.1371/journal.pone.0117834
Mayo, A. 2000. “The Role of Employee Development in The Growth of Intellectual Capital” dalam Personal Review, Vol. 29, No. 4.
Mathis, R. L. Jackson, J. H. 2005. Manajeman Sumber Daya Manusia. Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat
Nitisemito, Alex S. 1992. Manajemen Personalia. Ghaila Indonesia: Jakarta.
Poerwopoespito, FX Oerip S. 2004. Mengatasi Krisis Manusia di Perusahaan: Solusi Melalui Pengembangan Sikap Mental. Jakarta: Grasindo
Riggio, R.E. (2005). Introduction to Industrial/Organizational Psychologi, Scott, Foresman & Co, USA.
Robbins, Stephen P., 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, alih bahasa oleh Halida dan Dewi Sartika, Edisi Kelima, Erlangga
Robbins, Stephen . 2003. Organizational Behaviour, Tenth Edition (Perilaku Organisasi Edisi ke Sepuluh), Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang
Sawarjuwono, T., dan A. P. Kadir. (2003). Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran dan Pelaporan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol.5, No.1, Mei: 35-57.
Santosa dan Ashari 2005 Budi Purbayu Santosa dan Ashari. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS. Andi Offset. Yogyakarta.
Sarwono, 2007. Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS, Andi Offset Yogyakarta
Sedarmaynti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju: Bandung
Soegandhi, Vannecia. M dkk. 2013. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan PT Surya Timur Sakti Jatim. Volume 1. Nomor 1. Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen. Universitas Kristen Petra.
Steers, R., Porter, Lyman. (1983). Motivational and Work Behavior, 3rd edition. Tokyo: Mc. Graw Hill Book Company.
Suwatno dan Doni Juni Priansa, (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung : CV Alfabeta
Ulrich, Dave. 1997. Human Resource Champions, USA: Harvard Business School Press.
Umam, Khaerul (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia
Usup, R. C. (2011). Pengaruh Human Capital, Structural Capital, Relational Capital Terhadap Kinerja Layanan Bank dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Industri Jasa Bank Umum di Kalteng). Disertasi. Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya. Malang
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. PT. Raja Grafindo Parsada: Jakarta.
Wright, P.M., Dunford, B.B., & Snell, S.A. 2001. “Human Resources And The Resource-Based View Of The Frm” dalam Journal of Management, 27.
Yang, C., and Lin, C. (2009). Does Intellectual Capital Mediate The Relationship Between HRM And Organizational Performance? Perspective Of A Healthcare Industry In Taiwan. The International Journal of Human Resource Management, Vol. 20, No. 9, 1965–1984.
Link:
http://portalhr.com/survei/gawat-pekerja-di-indonesia-80-not-engaged-lantas-apa-solusinya, diakses tanggal 18 Oktober 2017
http://www.tribunnews.com/bisnis/2012/09/18/loyalitas-karyawan-di-indonesia-sangat-rendah. Diakses 18 Oktober 2017
https://forlap.ristekdikti.go.id, diakses 2 November 2017
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i1.3160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. situs toto
togel 4d situs toto toto slot toto togel situs toto