Analisis Proses, Biaya Pengembangan, dan Added Value Sistem Informasi Akuntansi Pelayanan Rawat Jalan dan Rawat Inap pada Rumah Bersalin dan Klinik Gebang Medika

Hapsari Widayani(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses dan prosedur sistem informasi akuntansi pelayanan rawat jalan dan rawat inap Rumah Bersalin dan Klinik Gebang Medika dan menganalisis biaya pengembangan dan cara menciptakan added value Rumah Bersalin dan Klinik Gebang Medika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung ke objek penelitian yaitu Rumah Bersalin dan Klinik Gebang Medika dan data yang digunakan adalah data primer. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan jumlah biaya pengembangan antara sistem lama dan sistem baru. Sistem lama membutuhkan biaya pengembangan proyek selama setahun sebesar Rp 82.195.200,- sedangkan sistem baru membutuhkan biaya pengembangan proyek sebesar Rp 83.755.350,-. Selisih ini akibat adanya sejumlah biaya yang harus dikeluarkan yakni biaya analisis dan desain, biaya installasi, biaya implementasi, dan biaya lain-lain yang besar nilainya. Penambahan nilai (value-added) pada klinik ini, yaitu (1) mengoptimalkan kualitas pelayanan yang bersumber dari akurasi hasil pemeriksaan dan kemudahan akses pelayanan pasien, (2) meningkatkan efisiensi waktu pelayanan dan pembuatan laporan saat pasien mendaftar, (3) meningkatkan struktur pengendalian internal terbaru yang dapat diakses setiap otorisasi yang bertanggung jawab, (4) meningkatkan pengambilan keputusan ialah manajemen klinik dapat menggunakan informasi yang akurat yang dihasilkan oleh sistem baru untuk pengambilan keputusan jangka panjang.



Keywords


Sistem Informasi Akuntansi, Pasien Rawat Jalan, Pasien Rawat Inap, Analisis Pengembangan Proyek, Value-added

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bodnar, G. H., & Hopwood, W. S. (2007). Sistem Informasi Akuntansi (9 ed.). Yogyakarta, Jawa tengah, Indonesia: Andi.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2014). Sistem Informasi Akuntansi (1 ed.). Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Salemba Empat.

S, F. N., Prasetijo, Budi, A., & Handoyo, E. (2011). Implementasi Sistem Informasi Rumah Sakit utuk Subsistem Farmasi. Universitas Diponegoro, Teknik Elektro. Semarang: Universitas Diponegoro.

Tebiary, A. A., Suastika, I. K., & Ma'ruf, B. (2017). Analisis Non Value Added Activity Pada Proses Produksi Kapal Dengan Pendekatan Value Stream Mapping: Studi Kasus di PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard Surabaya. Jurnal WAFE , 11 (1), 23-30.

Kementerian Kesehatan. 2013. Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 138 Tahun 2009 tentang Rawat Inap.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2011 tentang Klinik.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 560 Tahun 2003 tentang Tarif Rumah Sakit.

Undang-undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktek Kedokteran.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i3.2958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.