Analisis Metode Antrian Pasien Peserta BPJS pada Puskesmas di Wilayah Kota Bekasi Selatan (Studi Kasus: UPTD Puskesmas Pekayon Jaya)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui system antrian yang saat ini digunakan oleh UPTD Pekayon Jaya, Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model struktur antrian yang diterapkan oleh Puskesmas Pekayon Jaya adalah multi channel-multi phase sedangkan proses pelayanan antrian pasien BPJS yang digunakan adalah single channel-multi phase. Hasil perhitungan yang sudah dilakukan dengan menggunakan rumus metode antrian terhadap data pasien BPJS pada Puskesmas Pekayon yang diteliti mulai tanggal 18 Oktober-17 November 2017 dan 18 November-16 Desember 2017 antara jam 08.00-15.00 WIB. Tingkat kedatangan rata-rata per jam 8 orang/jam dan 12 orang, tingkat pelayanan rata-rata 18 orang/ jam dan 18 orang/jam. Ratio pelayanan Puskesmas Pekayon Jaya 44% dan 70%, probabilitas tidak ada antrian 33% dan 17,6%. Waktu rata-rata pasien menunggu dalam antrian 3 dan 6 menit. Waktu rata-rata setiap pasien berada dalam system keseluruhan (waktu menunggu plus waktu pelayanan) 7 dan 10 menit.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anshory, M. I. (2013, Agustus 22). http://repository.unair.ac.id/1856/. Dipetik Februari 20, 2019, dari UNAIR Repository: http://lib.unair.ac.id
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (15 ed.). Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.
Hillier, F. S., & J, G. (2001). Introduction to Operation Research (7 ed.). New york, USA: Thomas Cassons.
Larasati, N. (2013, Agustus). Kualitas Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional dalam Rangka Menjamin Perlindungan Kesehatan bagi Peserta BPJS di RSUD Dr. M. Soewandhie, Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik, 4(2), 81-93.
Muslich, M. (2010). Metode Pengambilan Keputusan Kuantitatif (2 ed.). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Bumi Aksara.
Rakhmawati, F., & Rustiyanto, E. (2016). Analisis Kebutuhan Petugas Rekam Medis Berdasarkan Beban Kerja di Instalasi Rekam Medis RS Aisyiah Muntilan. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1), 1-8.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta.
Taha, H. A. (2007). Operations Research an Introduction (8 ed.). New Jersey, USA: Pearson Prentice Hall.
Wati, R. (2017, September). Sistem Antrian Pelayanan Pasien pada Puskesmas Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan dengan Menggunakan Metode Waiting Line. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(2), 91-96.
Berita
Warta Kota (2017). Layanan Puskesmas di DKI Belum Sesuai Harapan. Editor : Hertanto Soebijoto. http://wartakota.tribunnews.com/2015/03/31/layanan-puskesmas-di-dki-belum-sesuai-harapan
MetroSindoNews (2017). Hanya Dua Puskesmas di Bekasi yang Punya Tenaga Medis dan Prasarana Lengkap. Abdullah M Surjaya. https://metro.sindonews.com/read/1248478/171/hanya-dua-puskesmas-di-bekasi-yang-punya-tenaga-medis-dan-prasarana-lengkap-1508054812
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i3.2938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.