EVALUASI EFEKTIFITAS PELATIHAN PENGOPERASIAN GARDU INDUK PADA PEGAWAI GARDU INDUK PT PLN (PERSERO) AREA PELAKSANA PEMELIHARAAN SALATIGA

Muhamad Ardiyansyah Nugraha(1*), Lindawati Kartika(2)

(1) Institut Pertanian Bogor - IPB
(2) Institut Pertanian Bogor
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Tengah  memiliki tema strategis yaitu keandalan penyaluran dengan realisasinya berupa ruang lingkup Key Pefomance Indicator (KPI): Transmission Line Outage Duration, Transformer Outage Duration, Transmision Line Outage Frequency, Transformer Outage Frequency. Didalam perwujudan KPI tersebut salah satunya melalui KPI  Perspektif SDM yaitu Human Capital Readiness (HCR). Pegawai Fungsi Jaringan dan Gardu Induk adalah Pegawai yang memiliki dampak terbesar dalam pencapaian KPI HCR terkait tema strategis keandalan penyaluran. Pelatihan Pengoperasian Gardu Induk merupakan salah satu pemenuhan competency profile pada KPI HCR dan termasuk kedalam Program Percepatan Kompetensi Tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi peserta pelatihan di tingkat reaksi dan tingkat perilaku, menganalisis gap di tingkat pembelajaran pada penilaian pre test dengan penilaian post test dan menganalisis gap di tingkat perilaku dan tingkat hasil pada level supervisor dengan penilaian self assessment. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis Deskriptif, Kirkpatrick Model, Analisis Gap dan Uji t adalah metode analisis data yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian yaitu peserta merasa sangat puas terhadap pelatihan yang diselenggarakan dan kesenjangan terbesar negatif terdapat pada indikator pemeliharaan proteksi gardu induk, fungsi peralatan pemakaian sendiri dan analisa gangguan awal gardu induk.


Keywords


analisis deskiptif, uji t, Kirkpatrick model

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggoro, Karinka PT. (2014). Evaluasi Pelatihan dengan Metode Kirkpatrick Analysis. Jurnal Telematika Volume 9 Nomor Mei, 37-41.

Apriyanti AA. (2018). Evaluasi Pelatihan International Shortcourse on Management of Indonesian Small Scale and Medium Enterprises (MISSME) pada Departemen Manajemen IPB [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Ika RM, Ibnu Syamsi. (2015). Evaluasi Program Pelatihan In-House Training Pembelajaran Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 2 Nomor 2 November, 156-174.

Kadarisman, M. (2013). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta (ID): Raja Grafindo Persada.

Kaplan RS, Norton DP. (2004). Strategiy Maps. Boston (US): Harvard Buseiness School Publishing Corporation.

Kaswan. (2013). Pelatihan dan Pengembangan Untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung (ID): Alfabeta.

Kirkpatrick D, K. J. (2013). Kirkpatrick Four Levels Audio Recordings Study Guide. Newnan GA (US): Kirkpatrick Partners, LLC.

Maarif MS, Kartika L. (2014). Upaya Mewujudkan Kinerja Unggul dan Pemahaman Employee Engagement. Bogor (ID): IPB Press.

Mufidah, L. (2017). Evaluasi Program Pelatihan Pemberdayaan Perempuan di Kelurahan Brontokusuman. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Vokasi ke-2 Juli, 454-463.

Mujiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta (ID): Pustaka Pelajar.

Nuraini, Hermawan, Hubeis AV, Panjaitan NK. (2016). Kajian Evaluasi Pelatihan Program Pengembangan Manajemen. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 14 Nomor 2 Juni, 254-266.

Putri UPP. (2013). Evaluasi Efektivitas Pelatihan Pelayanan Prima di RSIA Puspa Husada Bekasi [Tesis]. Depok (ID): Universitas Indonesia.

Rivai V, Sagala J. (2009). Manajemen SDM untuk Perusahaan. Jakarta (ID): Raja Grafindo Perkasa.

Sudaryono. (2014). Teori dan Aplikasi dalam Statistik. Yogyakarta (ID): ANDI.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung (ID): Alfabeta.

Sujarweni VW. (2015). SPPS Untuk Penelitian. Yogyakarta (ID): Pustaka Baru Press.

Widodo SE. (2014). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta (ID): Pustaka Pelajar.

Widyastuti U, Purwana D. (2015). Evaluasi Pelatihan (Training) Level III Berdasarkan Teori The Four Levels Kirkpatrick. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Volume 3 Nomor 2 Oktober, 119-128.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v6i3.2779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.