Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal di Kota Bogor

Retno Indraswari
Lindawati Kartika
Stevia Septiani

Abstract


Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia, kesadaran konsumen akan jaminan produk kosmetik yang halal juga meningkat. Fenomena tersebut menyebabkan pembelian kosmetik halal di Indonesia juga meningkat. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk : (1) mengidentifikasi karakteristik responden, (2) menganalisis proses keputusan pembelian, dan (3) menganalisis faktor-faktor keputusan pembelian produk kosmetik berlabel halal di Kota Bogor. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik snowball sampling. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis faktor, analisis crosstab, dan Net Promoter Score (NPS). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan tiga kelompok faktor baru yang membentuk keputusan pembelian kosmetik berlabel halal yaitu faktor individu, konsep diri dan sosial-budaya .Sebanyak 37% responden cenderung merekomendasikan produk kosmetik yang digunakannya kepada orang lain.

Keywords


Manajemen; Pemasaran; Kosmetik; Label Halal; Kota Bogor



DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i2.2749

Article metrics

Abstract views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.