Analisis Strategi Bersaing Industri Makanan Tradisional Khas Sumatera Barat

Yossi Indrawati Syuhardi

Abstract



Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peranan dalam pembangunan ekonomi
nasional. UKM mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Hal ini bisa dilihat dari laju
perkembangan UKM yang cenderung meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Studi literature ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang terjadi pada
UKM makanan tradisional khas Sumatera Barat yaitu Keripik Balado Mahkota Asli
yang mempengaruhi faktor internal maupun eksternalnya. Dalam penelitian ini
digunakan adalah data sekunder, Data sekunder diperoleh dari laporan tertulis
perusahaan atau dokumen perusahaan dan dari artikel atau literatur yang terkait
dengan penelitian ini yakni data dari Biro Pusat Statistik (BPS). Hasil Penelitian ini
dimana Dinas Koperasi dan usaha kecil menyediakan akses pembiayaan bagi
KUMKM melalui pola dana bergulir yang bertujuan untuk memberikan layanan
pembiayaan secara mandiri bagi KUMKM yang belum memenuhi kriteria kelayakan
perbankan umum. Selain itu juga melakukan program pemotongan hutang (haircut)
bagi UMKM yang bertujuan membantu UMKM yang terjerat hutang agar bisa
kembali membangun usahanya.



Keywords


Analisis stategi, Industri kecil, Makanan tradisional.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akmal S,Yori, 2006. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Industri Kecil Kerupuk Sanjai Di Kota Bukittinggi. Skripsi Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Badan Pusat Statistik 2003, Statistik Industri Besar dan Kecil. BPS, Jakarta.

Badan Pusat Statistik 2004, Statistik Industri Besar dan Kecil. BPS, Jakarta.

Badan Pusat Statistik 2006, Statistik Industri Besar dan Kecil. BPS, Jakarta.

Badan Pusat Stattstik 2015, Statistik Industri Besar dan Kecil. BPS, Jakarta.

David, R. F. 2002, Manajemen Strategi Konsep terjemahan edisi ketujuh prenhalindo, Jakarta

David, R.F. 2004 Manajemen Strategi Konsep Terjemahan edisi kesembilan, Prehalindo, Jakarta.

Jafar, H.M 2004, Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam infokap nomor 25 tahun XX. www.smecda.com

Prasetya, B.P 2007. Analisis Strategi Promosi Makanan Tradisional Khas Kota Bogor, Gepuk dan Ikan Balita Kuruhun Pada PT. Anofood Prima Nusantara. Skripsi Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Pearce, J. A. Dan Robinson, R. B. 1997. Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control. Sixth Edition. IRWIN. USA.

Riaswati A. W 2004, Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Gepuk dan Ikan Balita Khas Bogor Merek Kuruhun pada PT Intrafood Citarasa Nusantara Bogor Jawa Barat, skripsi Jurusan Ilmu-ilmu social Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Boogor, Bogor.

Sriyana, Jaka. 2007. Transformasi UKM dalam Database Alokasi Air Balai Progo Opak Oyo Dinas KIMPRASWIL ( saluran Mataram) Ver. 5.0.2 Situs resmi Provinsi Sumatera Barat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v4i4.2686

Article metrics

Abstract views : 70 | Full Text views : 420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.