Kiat Wirausahawan yang Sukses terhadap Peluang Mahasiswa untuk Berwirausaha

Tedy Ardiansyah
Khoirul Umam
Prasetio Ariwibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kiat pelaku usahawan yang sukses, dan
adanya hubungan kiat pelaku usahawan sukses terhadap motivasi mahasiswa
berwirausaha. Sedangkan urgensi penelitian meliputi anatara lain: Sebagai
indicator awal untuk mengukur kualitas pendidkan kewirausahaan, Kontribusi
untuk membentuk jaminan mutu pendidikan kewirausahaan, referensi untuk
membangun karakter pendidikan kewirausahaan dan bahan referensi bagi
penelitian selanjutnya serta dapat memberikan kontribusi positif bagi
pengembangan ilmu dan pengetahuan bidang manajemen pada khususnya.
Metode penelitian menggunkan pendekatan kuantitatif survey dimana instrument
yang digunakan berupa angket, teknik sampling yang digunakan bersifat
probability dengan metode sampling acak. Sample dilakukan di 3 universitas yaitu
Universitas Nasional, Universitas Bakrie dan Universitas Thamrin. Kesimpulan
yang didapatkan dari seluruh uji yang dilakukan secara garis besar mempunyai
hubungan yang positif dimana kiat wirausahawan mempunyai pengaruh terhadap
peluang mahasiswa untuk berwirausaha



Keywords


Kiat, Wirausahawan, Berwirausaha, Sukses, Mahasiswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan (I). Jakarta: Erlangga.

Justin G. Longenecker, C. W. M. dan J. W. P. (2001). Kewirausahaan, Manajemen

Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.

Kasali, R. (2012). Cracking Entrepreneurs, inilah para crackers lokal yang tak ada

matinya,. Jakarta: Gramedia.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Leonardus Saiman. (2014). Kewirausahaan: Teori, Praktik, dan Kasus-kasus (II).

Jakarta: Salemba Empat.

Masitah, D. dan E. M. (2013). Pengaruh peran keluarga dan praktik kewirausahaan

dalam membentuk sikap kewirausahaan mahasiswa pendidikan ekonomi

angkatan tahun 2009-2010 fakultas ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol. 1 No.3.

Mukhammad K. Mawardi. (2010). Kluster Usaha Kecil Menengah ( UKM ) di

Indonesia. emkamawardi.blogspot.com. Retrieved from

http://emkamawardi.blogspot.com/2010/12/kluster-usaha-kecil-menengah-ukmdi.html

Rambat lupiyoadi. (2007). Entrepreneurship, form mindset to strategy. Jakarta: FE

UI.

Robert D. Hisrich, Michael P. Peters, D. A. S. (2008). Entrepreneurship

kewirausahaan (7th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: AlfaBeta.

Tambunan, T. T. H. (2002). Usaha kecil dan Menengah di Indonesia, beberapa isu

penting. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v4i4.2680

Article metrics

Abstract views : 32 | Full Text views : 92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.