Perspektif Produk, Harga, Promosi, dan Merek dalam Keputusan Pembelian Smartphone Samsung

Juhari Juhari

Abstract


Smartphone Samsung mempunyai nilai  penjualan tertinggi di pasar dunia dan termasuk di Indonesia. Perusahaan dapat memproduksi hasil yang relevan dengan minat dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh produk, harga, promosi dan merek terhadap keputusan konsumen untuk membeli Smartphone Samsung di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengirimkan kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampling accidental. Teknik Analisis data yang digunakan adalah model analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji F (simultan) dan uji t (parsial). Berdasarkan kajian ini ditemukan bahwa variabel produk, harga, promosi dan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli Smartphone Samsung di Kota Pangkalpinang. Hal ini, dapat dilihat dari hasil perhitungan uji F bahwa F hitung (11,063) > dari F tabel (2.65) sedangkan signifikansi (0.000) < ? 5%  atau 0.05, sehingga dapat diambil simpulan bahwa secara simultan produk, harga, promosi dan merek mempunyai hubungan yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Smartphone Samsung di Kota Pangkalpinang.


Keywords


Produk, Harga, Promosi, Merek dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Andrew, M. (2016). Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di PT. Astra International Malalayang. Jurnal EMBA , Volume 04, 472-483.

Anuraga, W. (2015). Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada UD Galarasa STIESIA Surabaya. Jurnal Imu dan Riset Manajemen , Volume 4, 1-18.

Ardiansyah, T. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Modem CDMA EDVO Smart Telecom. Jurnal JABE , Volume 01, 228-240.

Buchari, Alma. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Graha Ilmu.

Fandy, T. (2008). Pemasaran Strategi. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Isaac, O. (2015). The Influence of Brand Image and Promotional Mix on Consumer Buying Decision-A Study of Beverage Consumers In Lagos State, Nigeria. British Journal of Marketing Studies , Volume 03, 115-129.

Junio, A. (2013). The Analysis of Product, Price, Place, Promotion and Service Quality on Customers' Buying Decision of Convenience Store: A Survey of Young Adult In Bekasi, West Java, Indonesia. International Journal of Advances in Mangement and Economics , Volume 03, 97-109.

Kasmir, J. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip, A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran (Edisi Millenium ed.). Jakarta: PT Prenhalilindo.

Lamb William, J. F. (2011). Pemasaran (Edisi Pertama ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, M. (2010). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Akademi Manajemen YKPN.

Muanas, A. (2014). Pengaruh Produk,Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen , Volume 03, 141-153.

Salusu, I. (2007). Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan Organisasi non Profit. Jakarta: PT. Grasindo.

Sumarwan, U. (20013). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Rosda Karya.

Swastha Basu, I. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono Fandy, G. C. (2012). Pemasaran Strategi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Strategi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v4i4.2675

Article metrics

Abstract views : 91 | Full Text views : 108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.