Pengaruh Promosi Media Situs Jual Beli Online terhadap Peningkatan Penjualan Produk UKM

Erina Sovania
Irma Selliamanik

Abstract


Produk UKM merupakan industri lokal skala kecil dan menengah yang harus secara intens didukung perkembangannya karena produk lokal ini dapat mengangkat taraf hidup masyarakat disuatu wilayah pinggiran kota besar atau pedesaan menjadi masyarakat yang mandiri.    Penelitian ini bertujuan untuk membuka pandangan secara luas bahwa untuk produk UKM harus melakukan promosi penjualan secara luas agar produknya bisa terkenal dan penjualan dapat menembus pasar yang lebih luas lagi. 

Manfaatkan internet dengan bijaksana yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang melalui karya nyata yang dapat dibuat dari hal yang sederhana dan dimulai dari rumah. Saatnya industri rumahan menjadi roda penggerak ekonomi yang menjadikan masyarakat di daerah sebagai sumber daya manusia yang mandiri dan bernilai lebih.

Ayo berkreasi bersaing dalam menciptakan lapangan industri. Konsentrasi di produk yang berkualitas dan digemari,  sementara untuk channel promosi bisa menggunakan media tidak berbayar yang sudah berkembang luas saat ini (situs jual beli online).  

Adapun penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan metode penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara melalui responden sebanyak 50 online shop yang ada di bukalapak.com kemudian data diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data Korelasi Pearson Product Moment (PPM) untuk mengetahui seberapa besar hubungan, Koefisiensi Determinan  untuk mengetahui kontribusi dari variabel X terhadap variabel Y dan Uji Signifikansi untuk mengetahui dari Makna Hubungan di kedua variabel, dan regresi linear. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwasanya Promosi media situs jual beli online memiliki hubungan yang kuat serta memiliki pengaruh yang tinggi terhadap Peningkatan penjualan produk UKM. Dimana diperoleh korelasi PPM (hubungan) sebesar 0.75 yang masuk dalam kriteria hubungan kuat, dan koefisiensi determinan dimana artinya kontribusi variabel X ke Y memiliki pengaruh yang tinggi atau kuat, dan  uji signifikansi dengan interpretasi memiliki makna hubungan yang berpengaruh, dan dengan regresi linearnya yaitu  y = 0.5467x - 3.4702.


Keywords


Manajemen; Pemasaran; Promosi; UKM

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Swastha, Busu, dan Irawan. (1997). Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Jonathan dan Prihartono. (2012). Perdagangan Online Cara Bisnis di Internet, Elex Media.

Kuncoro, Mudrajad. (2008). Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008

Sripo. (2010). 38.044 UKM Serap 163.830 Tenaga Kerja. Harian Umum Sriwijaya Post Tanggal 15 April 2010

Hafsah, M.J. (2004). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Infokop Nomor 25 Tahun XX

Alexander, Y.Y. (2002). Enabling E-Commerce Growth Through The Social Construction Of A Virtual Community’s Culture. Journal of Electronic Commerce Research, VOL. 3, NO. 4, 2002 Page 279

Supardi, Julian. (2009). Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara on-line Dengan Pendekatan Mediator based. Jurnal Sistem Informasi Fasilkom Unsri Vol 1 No 2

Jansen, B.J. (2006). An Examination Of Searcher’s Perceptions Of Nonsponsored And Sponsored Links During E-commerce Web Searching. Journal Of The American Society For Information Science And Technology, 57(14):1949–1961

Buchari Alma, (2006). Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung

H. Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman. (2002) Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Ke Dua, Linda Karya Bandung

McLeod Pearson. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Salemba. Jakarta

Armaat, Shelly Cashman. (2007). Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3, Salemba Infotek, Jakarta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Situs Internet:

https://m.tempo.co/read/news/2016/05/04/173768481/bps

https://www.wearesocial.sg.2015

https://www.apjii.or.id/

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20161126172041-185-175520/revisi-uu-ite

http://news.metrotvnews.com/peristiwa/yNLQwM1b-seluruh-pelosok-negeri-terjangkau-internet-pada-2019




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i4.2612

Article metrics

Abstract views : 48 | Full Text views : 18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.