Efektivitas Kelembagaan Sosial Masyarakat dalam Pemberdayaan Wanita dan Keluarga di Kelurahan Cirasas

Fadjriah Hapsari(1*), Shinta Devi Surya(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas peran lembaga sosial masyarakat dalam pemberdayaan wanita dan keluarga di Kelurahan Ciracas. Dalam penelitian ini juga bisa mengidentifikasikan program-program PKK dalam memberdayakan wanita dan keluarga yang telah dicanangkan, mengetahui implementasi dari program pemberdayaan wanita dan keluarga, memetakan persepsi dan prefensi masyarakat terhadap program-program pemberdayaan wanita dan keluarga, serta mengevaluasi efektifitas lembaga sosial masyarakat (PKK) dalam pemberdayaan wanita dan keluarga di kelurahan Ciracas. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan melakukan wawancara mendalam (in depth interview) untuk mengonfirmasi kebenaran data tersebut juga dilengkapi dengan pengamatan dan wawancara masyarakat khususnya wanita dan kelembagaan wanita yang ada dikelurahan Ciracas. Dalam pengumpulan data tentang profil, digunakan teknik-teknik Focus Group Discussion (FGD). Dengan melakukan serangkaian analisis, termasuk analisis SWOT diharapkan bisa mengukur tingkat keefektifitasan kelembagaan wanita yang sudah ada di lingkungan kelurahan Ciracas. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah terkait khususnya dalam menerapkan program pemberdayaan wanita dan keluarga. Target luaran dari penelitian ini adalah publikasi nasional dan dapat dipresentasikan dalam seminar dengan skala nasional.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anantanyu, Sapja. 2011. Kelembagaan Petani: Peran dan Strategi Pengembangan Kapasitasnya. SEPA, Vol. 7(2): 102-109.

Daulay, Harmona . 2006. PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (Studi Kasus Pedagang Jamu di Gedung Johor Medan). Jurnal Harmoni Sosial, September 2006, Volume I, No. 1; P. 7-14

Daymon, Christine, dan Immy Holloway. 2008. Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan marketing Communications. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Ife, J.W. 1995. Community Development: Creating Community Alternatives, Vision, Analysis and Practice. Longman; Australia.

Kartasasmita, G. 1996. Power and Empowermant: Sebuah Telaah Mengenal Konsep Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Lestari, Sri. 2008. Kajian Efektivitas Model Pertumbuhan Kluster Bisnes UKM Berbasis Agrobisnis.

Nugroho, Bramasto. 2010. Pembangunan Kelembagaan Pinjaman Dana Bergulir Hutan Rakyat. JMHT. 16(3): 118-125.

Pranaka dan Vidhyandika. 1996. Pemberdayaan (Empowerment). Jakarta: Centre of Strategic and International Studies (CSIS).

Rakhmat. 2012. Dimensi Strategis Manajemen Pembangunan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saraswati, Retno. 2014. Arah Politik Hukum Pengaturan Desa Ke Depan (Ius Constituendum). MMH, Jilid 43 No. 3 Juli 2014.p 313-321.

Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajawali

Tim Penggerak PKK Kelurahan Ciracas – Sekretariat Tim Penggerak PKK DKI Jakarta. Jakarta Timur.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v4i3.2483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.