PENGARUH HARGA WARALABA DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WARALABA KHARISMA BAHARI

Adi Artino(1*), Rizka Zakiah(2), Endy Grade Tampubolon(3)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh harga waralaba dan kepercayaan konsumen terhadap Keputusan pembelian waralaba Warteg Kharisma Bahari secara parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan mitra warteg Kharisma Bahari sebanyak 67 dijadikan sebagai responden. Teknik pengumpulan data dengan instrument kuesioner. Sedangkan Teknik analisis data dengan Partial Least Square (PLS) dengan alat bantu SmartPLS. Hasil penelitian ini dengan uji outer model menjelaskan bahwa semua indikator variabel valid dan reliabel. Hasil uji parsial menjelaskan bahwa harga waralaba memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian waralaba warteg Kharisma Bahari, sedangkan Kepercayaan konsumen memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan terhadap Keputusan pembelian waralaba warteg Kharisma Bahari


Keywords


Harga, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, PLS

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aprilianti, A. A., & Priansa, D. J. (2018). Pengaruh E-Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Jasa Pt . Fres Indonesia Wisata the Influence of E-Marketing on Consumer Decisions Using Pt . Fres Indonesia Wisata Services. E-Proceeding of Applied Science, 4(3), 1041–1044. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/144637/jurnal_eproc/pengaruh-e-marketing-terhadap-keputusan-pembelian-konsumen-menggunakan-jasa-pt-fres-indonesia-wisata.pdf

Aquino, R., & Wan Dhamar Kalih Alam. (2023). Efek mediasi Nilai Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Empirik SPBU Konsumen PT. Pertamina (Persero) Terminal Gerem, Marketing Operation Region III Di Cilegon Banten). Faletehan Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 32–44. https://doi.org/10.61252/fjeb.v2i2.94

Armstrong, G., Kotler, P., & Opresnik, M. O. (2023). Marketing: An Introduction (15th ed.). Pearson Education.

Asuan. (2017). Eksistensi Waralaba (Franchise) Menurut Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007 Sebagai Perjanjian Innominaat. Jurnal Unpal, 15(3), 260–271. https://doi.org/https://doi.org/10.36546/solusi.v15i3.71

Atmajayanti, A. B., Wulandari, D. S., & Pitoyo, B. S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Make Over Di Kota Bekasi. JRIME: Jurnal Riset Manajamen Dan Ekonomi, 2(2), 339–351. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i2.1638

Chang, H. H., & Wu, L. H. (2014). An Examination Of Negative E-WOM Adoption: Brand Commitment As A Moderator. Decision Support Systems, 59, 206–218. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.dss.2013.11.008

Chen, Y., Ding, D., Meng, L., Li, X., & Zhang, S. (2021). Understanding Consumers’ Purchase Intention Towards Online Paid Courses. Information Development, 39(1), 19–35. https://doi.org/10.1177/02666669211027206

Chevalier, J. A., & Mayzlin, D. (2006). The Effect of Word of Mouth on Sales: Online Book Reviews. Journal of Marketing Research, 43(3), 345–354. https://doi.org/https://psycnet.apa.org/doi/10.1509/jmkr.43.3.345

Dinev, T., & Hart, P. (2003). Privacy Concerns and Internet Use--a Model of Trade-Off Factors. Academy of Management Proceedings, 2003(1), D1–D6. https://doi.org/10.5465/ambpp.2003.13792464

Fauziyah, R. L., Rusti, N., & Widakdo, D. S. (2023). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Semut. Jurnal Agribisnis Indonesia, 11(2), 352–368. https://doi.org/10.29244/jai.2023.11.2.352-368

Flanagin, A. J., & Metzger, M. J. (2007). The Role Of Site Features, User Attributes, And Information Verification Behaviors On The Perceived Credibility Of Web-Based Information. New Media & Society, 9(2), 319–342. https://doi.org/https://psycnet.apa.org/doi/10.1177/1461444807075015

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Hutabalian, M. A. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan Merek, Dan Ulasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada E-Commerce Shopee Di Medan Timur. In https://repository.uhn.ac.id. Universitas HKBP Nomensen.

Kahf, M. N. Al, & Abdurrahman. (2021). Analisis Penentuan Usaha Bimbingan Belajar (BIMBEL): Waralaba vs Nirwaralaba di Kabupaten Bekasi. Journal of Applied Business and Economic (JABE), 27(2), 330–343. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i3.17394

Kim, S., Lee, C., & Gupta, S. (2020). Bayesian Synthetic Control Methods. Journal of Marketing Research, 57(5), 831–852. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0022243720936230

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2022). Social Media In Marketing Research: Theoretical Bases,Methodological Aspects, And Thematic Focus. Psychology & Marketing, 40(1). https://doi.org/10.1002/mar.21746

Lukitaningsih, A., & Lestari, F. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone. Forum Ekonomi : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntans, 25(1), 89–96.

Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665

Novarifah, A. H. (2022). Pengaruh Harga, Kepercayaan Konsumen, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. In eprints.iain-surakarta. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said.

Nugroho, R. H., & Kusumasari, I. R. (2022). Perkembangan Franchise Di Indonesia. Jurnal Bisnis Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.33005/jbi.v13i2.3451

Nurchasanah, D., & Udayana, I. B. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Tiktok Shop. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 1081–1095. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i3.1693

Oktaviani, S., & Eso Hernawan. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lunica. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Bisnis (EMaBI), 1(3), 1–12.

Ramadhan, H., & Noer Supriyono, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Ayam Kremes Kraton Cabang Cempaka Baru. JURNAL HUMANTECH JURNAL ILMIAH MULTI DISIPLIN INDONESIA, 1(11), 1639–1648. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2294

Risnawati, Wonua, A., & Astaginy, N. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Pengetahuan Produk Terhadap KEPUTUSAN Pembelian Produk Kecantikan (Studi Kasus Produk Wardah pada Toko Alke Kosmetik di Kabupaten Kolaka). Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(6), 17–17.

Rorie, A. G. S., Tumbel, A. L., & Gunawan, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia. The Effect Of Trust And Perceived Risk On E-Commerce Purchase Decisions On Tokopedia.Com In Noongan Village, Langowan Barat District. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum, 6(1), 365–370.

Santoso, N. C., & Hidayat, W. (2019). Pengaruh kualitas produk, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada pembeli produk Rotiboy di Mall Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 1–12.

Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775

Supardi, E., & Mulyati, S. (2016). Franchise Sebagai Salah Satu Bidang Usaha Industri. Jurnal Geografi Gea, 7(2). https://doi.org/10.17509/gea.v7i2.1718

Suud, M. (2016). Prospek bisnis franchise di Indonesia. Economic Journal of Emerging Markets, 42–48. https://doi.org/10.20885/ejem.v2i1.6566

Syafiina, A. M., & Cahyan, R. R. (2024). Waralaba Franchiese di Indonesia. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis Dan Digital, 1(2), 104–113. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v1i2.79

Triana, D., & Hidayat, R. (2023). Analisis Brand Image Sebagai Variabel Mediasi Antara Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Produk Xiomi di Yogyakarta). Jurnal Economina, 2(2), 586–601. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.338

Tunastini, & Telagawathi. (2023). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Manajemen, 5(1), 1–9.

Widyasanti. (2023). Perkembangan Perekonomian Indonesia dan Dunia Triwulan III tahun 2023. Kementerian PPN/Bappenas, 7(3), 128.

Zhu, D.-S., O’Neal, G. S., Lee, Z.-C., & Chen, Y.-H. (2009). The Effect of Trust and Perceived Risk on Consumers’ Online Purchase Intention. Proceedings - 12th IEEE International Conference on Computational Science and Engineering, CSE 2009, 4, 771–776. https://doi.org/https://doi.org/10.1109/CSE.2009.338




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v10i4.24757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.